Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Sistem Imunitas Tubuh Kita Melemah

Kompas.com - 17/09/2021, 10:41 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem imunitas tubuh kita tidak selalu berfungsi dengan baik, sehingga rentan terhadap mikroorganisme atau partikel yang dapat membuat kita sakit.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mendeteksi ketika sistem imunitas kita sedang tidak bekerja dengan baik.

Karena sistem imunitas kita bisa melemah berkali-kali tanpa kita sadari, kita perlu mengenali tanda-tanda yang sering kali tidak kita perhatikan.

Alasan sistem imunitas tubuh melemah

Ada banyak alasan mengapa sistem imunitas tubuh kita melemah, salah satunya adalah defisiensi imunitas bawaan, meskipun ini tidak sering terjadi secara umum.

Ada juga penyakit atau virus yang dapat memengaruhinya, seperti HIV yang melemahkan sistem kekebalan secara permanen.

Selain itu, penyebab paling umum dari sistem kekebalan yang lemah adalah gaya hidup yang dijalani seseorang, di mana faktor-faktor seperti stres, kurang istirahat, kurang nutrisi, dan gaya hidup sedentari atau kurang bergerak memainkan peran penting.

Di sisi lain, kita tidak dapat mengabaikan penurunan kualitas kesehatan alami tubuh karena semakin tua usia, makin sedikit produksi antibodi dan sel kekebalan yang dihasilkan tubuh.

Wanita yang sedang hamil juga cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, hal ini disebabkan oleh berbagai perubahan hormonal dan fisik yang dihasilkan selama masa kehamilan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Melemahkan Sistem Imun Tubuh Lho

Cara mengetahui sistem imunitas tubuh melemah

Seperti penyebabnya, gejala lemahnya daya tahan tubuh itu juga bermacam-macam, meski ada yang cukup umum terjadi seperti kelelahan.

Cara mengetahui sistem imunitas tubuh kita melemah yaitu menyadari adanya hal-hal yang tidak biasa, seperti perasaan tidak bugar, mudah sakit, atau cepat lelah.

Selain itu, orang-orang yang menderita pilek mungkin juga mengalami penurunan pertahanan tubuh, sehingga penting untuk mewaspadai gejala umum infeksi saluran pernapasan, seperti batuk, demam, sakit tenggorokan, dan rinitis.

Melemahnya sistem imunitas tubuh juga bisa ditunjukkan dengan herpes, radang gusi, luka yang lambat sembuh, reaksi alergi, atau iritasi kulit.

Apalagi, jika berat badan kita berada di bawah atau di atas normal, itu dapat memperburuk sistem imunitas tubuh kita.

Kemudian, menerapkan kebiasaan kurang sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, terlalu banyak minum kopi, dan lainnya juga dapat menjadi indikasi bahwa sistem imunitas kita tidak bekerja dengan cara yang benar.

Baca juga: Kebiasaan Mager, Gaya Hidup Sedentari Bisa Sebabkan Osteoporosis dan Lemahkan Imun

Yang harus dilakukan

Jika kita merasa ada yang salah dengan sistem imunitas tubuh kita atau dengan kesehatan kita secara umum, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter.

Di samping itu, untuk memperkuatnya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghindari kebiasaan yang berbahaya dan mulai menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Ini bisa berarti menjalankan pola makan sehat, rutin berolahraga, cukup tidur, menghindari stres, dan menjaga kebersihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com