Kompas.com - 17/09/2021, 10:41 WIB
Ilustrasi pria dan rumah berantakan shutterstockIlustrasi pria dan rumah berantakan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sistem imunitas tubuh kita tidak selalu berfungsi dengan baik, sehingga rentan terhadap mikroorganisme atau partikel yang dapat membuat kita sakit.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mendeteksi ketika sistem imunitas kita sedang tidak bekerja dengan baik.

Karena sistem imunitas kita bisa melemah berkali-kali tanpa kita sadari, kita perlu mengenali tanda-tanda yang sering kali tidak kita perhatikan.

Alasan sistem imunitas tubuh melemah

Ada banyak alasan mengapa sistem imunitas tubuh kita melemah, salah satunya adalah defisiensi imunitas bawaan, meskipun ini tidak sering terjadi secara umum.

Ada juga penyakit atau virus yang dapat memengaruhinya, seperti HIV yang melemahkan sistem kekebalan secara permanen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, penyebab paling umum dari sistem kekebalan yang lemah adalah gaya hidup yang dijalani seseorang, di mana faktor-faktor seperti stres, kurang istirahat, kurang nutrisi, dan gaya hidup sedentari atau kurang bergerak memainkan peran penting.

Di sisi lain, kita tidak dapat mengabaikan penurunan kualitas kesehatan alami tubuh karena semakin tua usia, makin sedikit produksi antibodi dan sel kekebalan yang dihasilkan tubuh.

Wanita yang sedang hamil juga cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, hal ini disebabkan oleh berbagai perubahan hormonal dan fisik yang dihasilkan selama masa kehamilan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Melemahkan Sistem Imun Tubuh Lho

Cara mengetahui sistem imunitas tubuh melemah

Seperti penyebabnya, gejala lemahnya daya tahan tubuh itu juga bermacam-macam, meski ada yang cukup umum terjadi seperti kelelahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.