Kompas.com - 17/09/2021, 12:19 WIB
Makan perlahan memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan membuat kita lebih cepat kenyang. UNSPLASH/LOUIS HANSELMakan perlahan memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan membuat kita lebih cepat kenyang.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sembelit atau konstipasi adalah keluhan umum saat kita sulit buang air besar yang menyebabkan perut terasa tidak nyaman.

American Academy of Gastroenterologists mendefinisikan sembelit sebagai kondisi ketika kita jarang buang air besar dan sulit buang air besar.

Meskipun sembelit dapat dikaitkan dengan kondisi medis yang lebih serius seperti Irritable Bowel Disease (IBD), sering kali pola makan kita menjadi faktor penyebab utamanya.

Kabar baiknya, kita tidak terlalu sulit untuk mulai menambahkan asupan yang baik guna melancarkan buang bair besar dan mencegah sembelit.

"Jika kita dapat membuat perubahan gaya hidup yang konsisten selama dua minggu, kemungkinan kita akan mulai melihat beberapa perubahan," kata ahli gastroenterologi di Austin Gastroenterology, Sanaa Arastu, MD.

"Namun, apabila keadaan tidak berubah setelah dua minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh kita membutuhkan lebih dari sekadar perubahan pola makan," lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Perubahan Gaya Hidup untuk Cegah Sembelit Kronis

Nah, bicara soal pola makan, berikut adalah 5 cara untuk cegah sembelit yang baik dicoba.

1. Minum air putih yang cukup

Kita semua tahu bahwa minum air putih dalam jumlah yang cukup itu penting untuk banyak hal.

Mulai dari menjaga elastisitas kulit, membuang racun, hingga melancarkan sistem pencernaan kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.