Kompas.com - 17/09/2021, 12:50 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman dengan cara disemprot. SHUTTERSTOCK/DMITRY KALINOVSKYIlustrasi menyiram tanaman dengan cara disemprot.

KOMPAS.com - Merawat tanaman memang gampang-gampang susah. Terkadang, walau kita merasa sudah rajin merawatnya, tetap saja tanaman tampak layu, bahkan hampir mati.

“Beberapa penyebab umum kondisi tanaman memburuk adalah kebanyakan air atau pun kurang disiram, tidak mendapatkan jumlah matahari yang tepat, perubahan lingkungan, serangga dan hama, atau kekurangan nutrisi,” kata John Valentino, seorang ahli berkebun. 

Namun, jangan buru-buru membuang tanaman yang hampir mati.

Melansir Reader's Digest, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan tanaman yang hampir mati.

Baca juga: Begini Cara Merawat Tanaman Saat Cuaca Panas

1. Lihat tanda-tanda kehidupan pada tanaman kita

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanaman "mati" adalah istilah yang relatif. Mungkin tanaman kita kelihatannya sudah mati, tetapi ketika dilihat lebih dekat sebenarnya tidak.

Jika masih ada sisa warna hijau di tanaman tersebut, kemungkinan kita masih bisa menyelamatkannya.

“Setiap tanda-tanda hijau pada batang berarti ada kemungkinan kita bisa menghidupkannya kembali,” kata Valentino.

Cek juga akarnya. Sebagai sistem pendukung tanaman, akar memberikan banyak informasi tentang keadaan kesehatannya secara keseluruhan..

"Akar yang sehat akan tampak montok dan berwarna putih kecokelatan dengan ujungnya yang putih," kata Jennifer Morganthaler, seorang instruktur pertanian di Missouri State University.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.