Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Eksim Menular? Begini Penjelasan Dokter Kulit

Kompas.com - 19/09/2021, 19:49 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Eksim adalah kondisi yang menyebabkan kulit meradang, iritasi, dan gatal.

Meski ada beberapa jenis eksim atau dermatitis, dr Arini Astasari Widodo, SpKK menyebutkan, awam banyak mengidentikkan eksim dengan dermatitis atopik.

Banyak orang yang menganggap eksim atopik ini bisa menular dari satu individu ke individu lain. Bagaimana faktanya, apakah eksim menular?

Arini menegaskan, anggapan bahwa eksim menular adalah keliru.

"Eksim sebagai penyakit kulit menular adalah mitos," katanya, belum lama ini.

 

Arini menjelaskan, eksim adalah penyakit kulit yang tidak menular baik melalui kontak fisik langsung maupun tidak langsung.

Meski begitu, beberapa kasus eksim, seperti eksim atopik, berkaitan dengan faktor genetik sehingga dapat diturunkan ke keluarganya.

Untuk itu, jika ada anggota keluarga yang memiliki eksim, seperti eksim atopik, risiko seseorang mengalami penyakit kulit tersebut juga meningkat.

Baca juga: Meski Gatal, Jangan Garuk Eksim Kulit! Dokter Ungkap Alasannya

Bisakah eksim disembuhkan?

Lalu, bisakah eksim disembuhkan?

Arini menjelaskan, tidak semua jenis eksim dapat sembuh sempurna. Eksim atopik, misalnya, tidak bisa disembuhkan secara sempurna apalagi jika tidak ditemukan penyebab jelas dari kemunculan eksim tersebut.

"Perjalanannya dapat kambuh atau dalam periode remisi (terkontrol). Pengobatan terbaik dari eksim adalah menghindari faktor pencetus munculnya eksim tersebut," tuturnya.

Selain itu, penting pula untuk diingat bahwa bagian yang eksim tersebut tidak boleh digaruk untuk menghindari siklus gatal garuk yang terus-menerus.

Sementara pada kasus eksim lainnya, seperti dermatitis kontak, kesembuhan bisa dicapai sempurna dengan cara menghindari faktor pencetus.

"Misalnya dermatitis kontak akibat jam tangan atau kalung, setelah tidak dipakai lagi, dapat sembuh sempurna," ucap Arini.

Baca juga: Meski Gatal, Jangan Garuk Eksim Kulit! Dokter Ungkap Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com