Kompas.com - 20/09/2021, 19:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Latihan pernapasan, khususnya, dalam yoga sering digunakan sebagai relaksasi dan manajemen stres untuk menenangkan diri, serta mengurangi kecemasan.

Latihan pernapasan dalam yoga juga diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur dan perhatian, yang keduanya dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

"Saya tidak lagi membutuhkan obat kecemasan atau obat tidur setelah saya mulai berlatih yoga secara teratur," kata seorang pelatih pribadi dan instruktur yoga, Stephanie Mansour.

"Saya menghubungkan itu sebagian besar dengan latihan pernapasan yang saya pelajari di kelas yoga dan melakukannya setiap hari," lanjut dia.

Latihan pernapasan dalam yoga ini biasanya dilakukan dengan menarik napas melalui hidung selama beberapa detik dan kemudian dibuang melalui hidung.

Ini seharusnya bisa mengumpulkan energi dan membuat kita menjadi lebih fokus, serta memungkinkan sistem saraf kita untuk rileks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Yuk, Pelajari Teknik Bernapas yang Lebih Sehat

Nah, melansir dari laman Today, Mansour mencoba membagikan beberapa latihan pernapasan yang dapat kita coba dalam yoga sebagai berikut ini.

1. Pernapasan perut yang dalam

Pernapasan perut yang dalam (deep belly breathing) ini menggunakan diafragma untuk memaksimalkan ekspansi paru-paru.

Pergerakan diafragma secara alami mengontrol aliran udara melalui tubuh kita dan memaksa udara bergerak luas ke dalam perut.

Halaman:


Sumber Today
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.