Kompas.com - 21/09/2021, 07:12 WIB
Minum air hangat di pagi hari terdengar sepele, namun kebiasaan ini ternyata memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. SHUTTERSTOCKMinum air hangat di pagi hari terdengar sepele, namun kebiasaan ini ternyata memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

KOMPAS.com - Minum air hangat di pagi hari terdengar sepele, namun kebiasaan ini ternyata memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Air hangat bisa kita minum bersama lemon yang kaya akan polifenol atau sekadar air putih saja untuk menghilangkan dahaga.

Beberapa di antara manfaat minum air hangat di pagi hari termasuk membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus.

Manfaat minum air hangat di pagi hari

Beberapa di antara manfaat minum air hangat di pagi hari termasuk membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus.FREEPIK/PRESSFOTO Beberapa di antara manfaat minum air hangat di pagi hari termasuk membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus.
Berikut sejumlah manfaat minum air hangat di pagi hari yang mungkin kita dapatkan jika kita menerapkannya rutin setiap hari:

1. Menghidrasi tubuh

Salah satu manfaat minum air hangat di pagi hari adalah membantu menghidrasi tubuh. Sebagian orang meyakini dirinya mengalami dehidrasi saat bangun tidur karena tidak minum selama beberapa jam ketika tidur.

Namun, menurut Healthline, hal ini adalah setengah kebenaran. Sebab, warna urin yang gelap di pagi hari belum tentu merupakan indikator yang jelas dari tingkat hidrasi, melainkan karena kita tidak mengonsumsi cairan apa pun semalaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika mengalami defisit air, tubuh akan menggunakan sensasi haus untuk memastikan kita akan merehidrasi tubuh.

Namun, terlepas dari itu, minum air putih di pagi hari dapat membantu kita memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

The Institute of Medicine menyarankan perempuan minum sekitar 2,3 liter per hari, sementara laki-laki 3,3 liter. Cairan tersebut juga bisa didapatkan dari makanan, seperti sayur dan buah, serta makanan berkuah.

Cobalah minum air hangat di pagi hari sebelum memulai hari, kemudian mengakhiri hari juga dengan minum air hangat demi memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi untuk melakukan setiap fungsi penting.

Baca juga: 8 Alasan Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur itu Penting

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.