Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2021, 07:12 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Minum air hangat di pagi hari terdengar sepele, namun kebiasaan ini ternyata memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Air hangat bisa kita minum bersama lemon yang kaya akan polifenol atau sekadar air putih saja untuk menghilangkan dahaga.

Beberapa di antara manfaat minum air hangat di pagi hari termasuk membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus.

Manfaat minum air hangat di pagi hari

Beberapa di antara manfaat minum air hangat di pagi hari termasuk membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus.FREEPIK/PRESSFOTO Beberapa di antara manfaat minum air hangat di pagi hari termasuk membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus.
Berikut sejumlah manfaat minum air hangat di pagi hari yang mungkin kita dapatkan jika kita menerapkannya rutin setiap hari:

1. Menghidrasi tubuh

Salah satu manfaat minum air hangat di pagi hari adalah membantu menghidrasi tubuh. Sebagian orang meyakini dirinya mengalami dehidrasi saat bangun tidur karena tidak minum selama beberapa jam ketika tidur.

Namun, menurut Healthline, hal ini adalah setengah kebenaran. Sebab, warna urin yang gelap di pagi hari belum tentu merupakan indikator yang jelas dari tingkat hidrasi, melainkan karena kita tidak mengonsumsi cairan apa pun semalaman.

Ketika mengalami defisit air, tubuh akan menggunakan sensasi haus untuk memastikan kita akan merehidrasi tubuh.

Namun, terlepas dari itu, minum air putih di pagi hari dapat membantu kita memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

The Institute of Medicine menyarankan perempuan minum sekitar 2,3 liter per hari, sementara laki-laki 3,3 liter. Cairan tersebut juga bisa didapatkan dari makanan, seperti sayur dan buah, serta makanan berkuah.

Cobalah minum air hangat di pagi hari sebelum memulai hari, kemudian mengakhiri hari juga dengan minum air hangat demi memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi untuk melakukan setiap fungsi penting.

Baca juga: 8 Alasan Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur itu Penting

2. Melancarkan pencernaan

Minum air hangat di pagi hari akan membantu menstimulasi sistem pencernaan dan membantu tubuh lebih baik dalam mencerna dan memilah makanan.

Setelah sarapan, kita juga dianjurkan minum air hangat.

Menurut Livestrong, minum air dingin setelah makan bisa menjadi kontraproduktif. Sebab, air dingin membekukan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja kita asup, sehingga akan menciptakan timbunan lemak dan membuat pencernaan lebih sulit.

Sebaiknya, ganti segelas air dingin dengan air hangat di pagi hari.

Baca juga: 9 Makanan yang Ampuh Cegah Masalah Pencernaan

3. Mengatasi sembelit

Banyak orang merasakan ketidaknyamanan dan sakit akibat sembelit. Masalah ini terjadi ketika hanya ada sedikit atau tidak ada gerakan usus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com