Kompas.com - 22/09/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi kentang Unsplash/Peter SchadIlustrasi kentang

KOMPAS.com - Menurut Komisi Kentang Idaho, sebanyak setengah dari serat dalam kentang russet medium berasal dari kulitnya.

Ini berarti jika kita membuang kulit kentang, sama saja kita telah kehilangan nutrisi tambahannya. Sayang sekali, bukan?

Sebagai referensi pengolahan kulit kentang, Carleigh Bodrug, founder PlantYou mengunggah video hack membuat camilan lezat dari kulit kentang di Instagram.

Baca juga: Santap Kentang Setiap Hari, Berat Badan Turun 4,5 Kg, Mau?

Dalam video tersebut, Bodrug mengolesi kulit kentangnya dengan minyak zaitun, ragi nutrisi, dan bumbu favoritnya.

Lalu dia memasaknya di air fryer selama 10 menit. Hasilnya adalah keripik kulit kentang yang renyah dan garing yang terlihat sangat lezat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Carleigh Bodrug (@plantyou)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bodrug juga menyebutkan dalam caption video itu, jika kita tidak memiliki air fryer, maka bisa diganti dengan cara memanggang kulit kentang pada suhu 204,4 derajat celcius selama 25 menit.

Sementara itu, Bodrug menggunakan campuran bumbu bawang putih, atau kita dapat menambahkan bumbu favorit kita.

Kita juga bisa menukar ragi nutrisi dengan keju parmesan parut.

Baca juga: Apakah Memasak dengan Air Fryer Lebih Sehat?

Banyak yang berkomentar pada video tersebut, salah satunya mengaku tidak pernah mengupas kentang. Tetapi, karena hack camilan kulit kentang tersebut, dia lantas mencoba untuk mengupasnya.

Yang lain bahkan ikut menyarankan untuk menambahkan mashed potatoes atau kentang tumbuk sebagai camilan yang melengkapi camilan kulit kentang renyah tersebut.

Terakhir, ingatlah untuk mencuci kentang kita terlebih dahulu sebelum dikupas, dan membuat camilan kulit kentang yang renyah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.