Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan #AyoTunjukTangan Salurkan Bantuan Pendidikan ke Daerah 3T

Kompas.com - 23/09/2021, 08:19 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Data UNICEF menunjukan sembilan dari sepuluh anak Indonesia masih menghadapi tantangan, termasuk dalam pemenuhan akses pendidikan dan nutrisi.

Kondisi ini tentunya dapat mengancam kemajuan masa depan anak Indonesia, terutama yang berada dalam kondisi yang kurang beruntung. Misalnya saja daerah yang masih sulit mendapatkan akses yang optimal untuk pemenuhan kebutuhannya.

Untuk berkontribusi mengatasi masalah tersebut, PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) menjalin kemitraan dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Kerjasama bertajuk Dukungan Akses Pendidikan Jarak Jauh dan Peningkatan Nutrisi Bagi Peserta Didik ini dilakukan dalam berbagai cara. Salah satunya melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan yang diluncurkan pada Agustus lalu.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Indonesia Didesak Segera Dibuka, Ini Saran Pakar Epidemiologi

Bantuan yang telah disalurkan misalnya distribusi lebih dari 40.000 eksemplar Modul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) luring tingkat SD untuk beberapa kabupaten/kota yang tergolong 3T (tertinggal, terdepan, terluar) di Indonesia.

Misalnya saja Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Selain itu, disalurkan pula 1.500 paket belajar daring berupa gawai, kuota internet, dan program belajar daring untuk anak usia SD di 25 kabupaten.

Bantuan lain juga berupa rehabilitasi 10 bangunan fasilitas pendidikan SD dan bantuan dana pendidikan untuk 800 siswa SD di berbagai kabupaten/kota.

Gerakan #AyoTunjukTangan ini juga menyalurkan 25.000 paket nutrisi susu pertumbuhan bagi siswa PAUD di Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jumeri, S.TP., M.Si mengatakan peningkatan akses dan kualitas pendidikan merupakan prioritas utuk mempersiapkan SDM yang unggul.

Baca juga: Gerakan #AyoTunjukTangan, Donasi untuk Nutrisi dan Pendidikan

"Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, baik dari Pemerintah, sektor swasta, maupun seluruh lapisan masyarakat, agar memiliki kesadaran dan tanggung jawab bersama untuk ikut berkontribusi," terangnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia menjelaskan kerjasama ini selaras dengan visi perusahaan yakni yaitu ‘One Planet, One Health’, yang juga berkaitan dengan sektor pendidikan. “

"Kami percaya bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk maju, sehingga tidak ada anak yang boleh tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk akses pendidikan dan nutrisi, tidak terkecuali anak-anak yang saat ini memiliki tantangan kesulitan akses,” jelasnya.

Baca juga: Menu Makan Siang Anak Sekolah di Berbagai Negara

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com