Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Batu Jaga Kelembapan Tanaman Anggrek, Begini Cara Menyiramnya

Kompas.com - 23/09/2021, 16:52 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BHG

KOMPAS.com - Bunga anggrek merupakan bunga hias yang cukup dicintai banyak orang karena kecantikannya, terutama saat mekar.

Namun, merawat bunga anggrek tidak bisa sembarangan, kita perlu mengetahui media tanam yang cocok untuknya, bahkan teknik penyiraman yang tepat.

Masalah kelembapan menjadi salah satu permasalahan umum yang sering terjadi pada bunga anggrek. Salah satu tips yang banyak dilakukan adalah penyiraman dengan es batu.

Meski sebenarnya konsep menyiram anggrek dengan es batu tampak berlawanan karena tanaman dari daerah tropis umumnya tidak cocok dengan suhu beku. 

Namun, sebuah brand Just Add Ice Orchids menemukan bahwa menggunakan es batu untuk menyirami anggrek tidak membahayakan dan membuat perawatan tanaman ini justru menjadi sedikit lebih mudah.

Baca juga: 7 Penyebab Tanaman Anggrek Tidak Berbunga

"Memastikan anggrek mendapatkan jumlah air yang tepat, tanpa berlebihan atau terendam air adalah tantangan terbesar bagi yang merawat anggrek," kata Marcel Boonekamp, direktur penanaman Just Add Ice.

Boonekamp dan tim mengembangkan metode penyiraman tiga es batu untuk memberi tukang kebun cara yang terukur dan sangat sederhana untuk menyirami anggrek.

Hal itu dikonfirmasi oleh tim peneliti di The Ohio State University dan University of Georgia.

Mereka mengadakan percobaan membandingkan anggrek ngengat (Phalaenopsis) yang disiram dengan tiga es batu seminggu sekali dengan kelompok kontrol yang disiram dengan jumlah air biasa yang setara setiap minggu.

Kedua kelompok anggrek menunjukkan hasil yang sama untuk kesehatan tanaman secara keseluruhan, dan menunjukkan bahwa es batu adalah cara yang efektif dan aman untuk menyirami anggrek.

Meskipun uji coba ini hanya mencakup anggrek ngengat, tetapi anggrek jenis lain juga dapat disiram dengan es.

Baca juga: Tips Sirami Anggrek agar Tumbuh Subur

Cara menyirami anggrek dengan es batu

Daripada membasahi pot anggrek, kemudian membiarkan kelebihan air mengalir keluar, cukup letakkan tiga es batu berukuran sedang di atas media tanam anggrek (biasanya serpihan kulit kayu atau sphagnum moss).

Jauhkan es batu dari daun atau akar yang menyembul keluar dari pot. Saat es batu mencair, akar dan media akan menyerap air. Biasanya tidak ada kelebihan air yang keluar setelah penyiraman dengan es batu.

Suhu dingin tidak akan menyakiti tanaman kita karena es mencair relatif cepat. Para peneliti menemukan bahwa suhu media kulit kayu hanya turun beberapa derajat saat es batu meleleh. Suhu itu tidak cukup dingin untuk merusak akar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber BHG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com