Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Skincare Pagi yang Benar, Catat agar Tak Salah

Kompas.com - 23/09/2021, 17:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Urutan skincare pagi tak kalah pentingnya dibandingkan skincare malam.

Tidak menerapkan urutan skincare yang benar bisa mengakibatkan penyerapan produk yang tidak maksimal, yang pada akhirnya membuat rutinitas skincare menjadi tidak efisien.

Urutan skincare pagi

Panduan sederhana dari urutan skincare yang benar, termasuk untuk urutan skincare pagi, adalah mengaplikasikan produk dengan tekstur paling tipis ke tekstur paling teebal.

Menurut Healthline, rutinitas skincare pagi adalah untuk pencegahan dan perlindungan. Sebab, jika bepergian ke luar rumah, wajah kita akan terekspos lingkungan luar, termasuk sinar matahari.

Untuk urutan skincare pagi, penting untuk menyertakan produk pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya.

Berikut urutan skincare pagi yang benar:

1. Pembersih wajah

Membersihkan wajah adalah tahap pertama dalam urutan skincare pagi.SHUTTERSTOCK Membersihkan wajah adalah tahap pertama dalam urutan skincare pagi.
Melansir Cosmopolitan, menurut dokter kulit sekaligus associate clinical professor dari Yale School of Medicine, Mona Gohara, MD, agar bahan-bahan skincare dapat menyerap, kita perlu membersihkan wajah terlebih dahulu.

Pilih produk pembersih wajah sesuai dengan tipe kulit. Namun, Gohara menyarankan untuk memiliki pembersih berbasis minyak yang dapat melarutkan semua kotoran atau sisa produk yang kita gunakan di malam hari, tanpa membuat kulit jadi kering.

Setelah itu, gunakan pembersih wajah krim, terutama jika punya kulit rentan berjerawat.

Namun, pembersihan wajah cukup dilakukan sekali saja jika kita tidak mau atau pembersih wajah berbasis minyak yang digunakan sudah mengandung surfaktan yang cukup mampu menghilangkan kotoran dan minyak.

Baca juga: Tips Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

2. Toner

Toner dalam urutan skincare pagi dirancang untuk menghidrasi kembali kulit dan menghilangkan sel-sel mati dan kotoran yang tertinggal setelah dibersihkan.SHUTTERSTOCK Toner dalam urutan skincare pagi dirancang untuk menghidrasi kembali kulit dan menghilangkan sel-sel mati dan kotoran yang tertinggal setelah dibersihkan.
Toner dirancang untuk menghidrasi kembali kulit dan menghilangkan sel-sel mati dan kotoran yang tertinggal setelah dibersihkan.

Produk ini juga digunakan dalam urutan skincare pagi untuk mempersiapkan kulit menerima produk skincare berikutnya.

Carilah toner mengandung BHA (beta hydroxy acid), seperti asam salisilat, atau AHA (alpha hydroxy acid), seperti asam glikolat atau asam laktat, yang berfungsi membuka pori-pori, mencegah jerawat, dan melarutkan komedo.

Jika memiliki kulit wajah kering, carilah produk mengandugng AHA, sementara pemilik kulit berminyak tetap gunakan produk dengan BHA.

Setelah membersihkan wajah, segera aplikasikan toner ke wajah menggunakan kapas. Usap dengan gerakan ke arah luar.

Baca juga: Jangan Abaikan Pemakaian Toner jika Ingin Skincare Menyerap Maksimal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com