Kompas.com - 23/09/2021, 18:03 WIB
Desainer Vivi Mar'i Zubedi Dok VivizubediDesainer Vivi Mar'i Zubedi

KOMPAS.com – Merek busana muslim lokal Vivizubedi milik desainer Vivi Mar’I Zubedi memperluas pasar Timur Tengah dengan membuka cabang di ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Melalui kampanye #StrengthenLocalModest, Vivi memilih kota Riyadh sebagai cabang pertamanya di luar negeri.

Dijelaskan oleh Vivi, koleksi Vivizubedi selama ini cukup laris di Timur Tengah karena menawarkan desain dan motif yang berbeda dengan abaya lokal atau gamis Arab.

“Kalau abaya di Saudi itu kan umumnya satu warna saja. Nah, inovasi Vivizubedi ini begitu unik karena satu set lengkap dengan motif yang sama. Selain itu juga kita menghadirkan detail-detail embroidery, VZ monogram, tapi bentuknya tetap abaya. Secara syariat juga memenuhi, sehingga respon pasar sangat luar biasa,” katanya.

Dia mengatakan, koleksi yang paling laris adalah abaya dengan set lengkap hijab, ciput, dan belt bermotif senada.

Baca juga: Desainer Indonesia Bawa Busana Modest Multifungsi ke Pentas Dunia

Selain itu, koleksi Vivizubedi saat ini juga dijual secara online melalui platform belanja di Australia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbeda dengan perempuan Timur Tengah, menurut Vivi, pasar Australia lebih menyukai scarf dengan motif yang atraktif.

Semangat Vivizubedi memperkenalkan modest fashion Indonesia ke kancah internasional ini tak lain karena besarnya potensi fesyen muslim Tanah Air. Menurut Vivi, Indonesia layak menjadi kiblat modest fashion Muslim dunia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by VIVI ZUBEDI (@vivizubedi)

“Dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia, harusnya Indonesia tampil memimpin perkembangan modest fashion dunia,” ujarnya.

Dengan kekayaan budaya dan etnis, ditambah dengan proses pembuatan yang handmade, desain karya desainer Indonesia memiliki nilai lebih.

“Berdasarkan pengalaman saya, mereka sangat apresiatif dengan karya-karya Indonesia karena unsur-unsur ini,” urai Vivi yang saat ini menjabat sebagai Ketua PKK Kota Banjarbaru, yang mendampingi suaminya yang bertugas sebagai walikota.

Sebelum membuka cabang di luar negeri, merek Vivizubedi yang berdiri sejak 2011 ini telah memiliki fondasi yang solid di negeri sendiri.

Vivi telah berhasil #StrengthenLocalModest dengan membuka 9 cabang butik yang tersebar di seluruh Indonesia: Aceh, Medan, Padang, Banjarbaru, Jambi, Samarinda, Makassar, Bukittinggi, dan Jakarta.

Baca juga: Gamis Masih Jadi Model Busana Muslim Populer

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.