Kompas.com - 23/09/2021, 18:14 WIB

KOMPAS.com - Eko Yuli Irawan punya segudang prestasi sebagai atlet angkat besi Indonesia, termasuk meraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020.

Pria berusia 32 tahun itu sudah langganan meraih medali pesta olahraga terbesar dunia ini sejak ikut dalam kontingen Olimpiade Beijing 2008. Kala itu, ia sukses membawa pulang medali perunggu untuk Indonesia.

Sepanjang kariernya, ia telah malang-melintang di berbagai kompetisi internasional dengan beragam capaian yang membanggakan.

Meski demikian, nama atlet kelahiran Lampung ini jauh kalah populer dibandingkan olahragawan cabang olahraga lainnya. Misalnya saja Bambang Pamungkas dari cabang sepak bola atau Liliana Natsir yang merupakan atlet badminton.

Bukan hanya atletnya, cabang angkat besi memang kurang dikenal dan jauh dari sorot publik. Padahal prestasinya terbilang membanggakan dalam berbagai kejuaraan yang diikuti.

Baca juga: Profil Eko Yuli Irawan, Lifter Andalan Indonesia Peraih 4 Medali Olimpiade

Hal ini rupanya disadarinya benar, seperti diungkapkan kala menjadi narasumber webinar Bincang Inspiratif Visa bertajuk “Wujudkan Mimpi di Tengah Keterbatasan”, Kamis (23/09/2021).

"Memang betul tidak populer jika dibandingkan badminton, sepak bola, tenis dan lainnya lagi meskipun tidak menghalangi kami, saya memberikan prestasi untuk Indonesia," ujarnya.

Ia bahkan menilai popularitas cabang olahraga yang digelutinya ini sudah jauh lebih baik belakangan ini.

"Sejak 2018, khususnya sejak ditayangkan live ketika Asian Games, angkat besi bisa lebih terbuka ke publik, lebih dikenal" terangnya.

Siaran langsung, yang juga bisa disaksikan di internet, membuat masyarakat Indonesia lebih mengenal perjuangan dan prestasi para atlet angkat besi.

Baca juga: Irwan Mussry Bagi-bagi Jam Tangan Mewah untuk Atlet Angkat Besi Peraih Medali di Olimpiade Tokyo

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.