Kompas.com - 23/09/2021, 19:55 WIB
Tantangan Baru Bagi Hardthirteen, Berkarya di Botol Minuman Tantangan Baru Bagi Hardthirteen, Berkarya di Botol Minuman
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hardthirteen alias Abenk adalah salah satu seniman grafiti, seniman kustom, sekaligus street artist atau seniman jalanan yang paling dikenal di Indonesia saat ini.

Karya-karyanya --baik sendiri maupun bersama Never Too Lavish-- telah menghiasi berbagai benda, mulai dari tembok, kanvas, jaket, sneaker, hingga bus.

Nah, salah satu tantangan baru bagi Abenk adalah membuat karya di atas kaca, tepatnya pada botol. Karenanya ketika merek minuman Johnnie Walker menawarinya untuk berkolaborasi, pria bernama asli Bernhard Suryaningrat ini segera mengiyakan.

Dalam kolaborasi ini Abenk ditantang untuk memberi desain pada botol Johnnie Walker seri black label dan gold label, untuk memberi inspirasi dan makna "keep walking" alias terus berjalan, terus bergerak, terus berusaha.

Abenk pun menjawabnya dengan desain burung-burung yang menjadi salah satu desain kegemarannya, serta garis-garis berbentuk seperti gelombang.

"Burung-burung ini sebenarnya menggambarkan kemauan untuk terbang, karena banyak orang yang tidak berani terbang, tidak berani mencoba atau pun berusaha," ujar Abek dalam acara virtual, Selasa, 21 September 2021.

"Jadi kita mengajak agar setiap orang berani terbang mencapai apa yang diimpikannya," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karya Abenk sebagai merchandise Johnnie Walker Karya Abenk sebagai merchandise Johnnie Walker
Tentu saja saat mencoba sesuatu, kita bisa saja menemukan rintangan. Nah menurut Abenk, garis-garis gelombang itu melambangkan rintangan atau tantangan yang harus kita lalui.

"Garis-garis ini bisa dimaknai juga sebagai universe, di mana rintangan selalu ada, namun kita harus berani mencoba. Intinya harus mengambil langkah, jalan terus, keep walking," jelasnya.

Hal ini terutama disampaikan Abenk mengingat banyak orang patah semangat menghadapi pandemi. Padahal setiap usaha tidak akan mengingkari hasilnya. Yang penting adalah melangkah maju, bukan menyerah pada keadaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.