Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2021, 19:55 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Hardthirteen alias Abenk adalah salah satu seniman grafiti, seniman kustom, sekaligus street artist atau seniman jalanan yang paling dikenal di Indonesia saat ini.

Karya-karyanya --baik sendiri maupun bersama Never Too Lavish-- telah menghiasi berbagai benda, mulai dari tembok, kanvas, jaket, sneaker, hingga bus.

Nah, salah satu tantangan baru bagi Abenk adalah membuat karya di atas kaca, tepatnya pada botol. Karenanya ketika merek minuman Johnnie Walker menawarinya untuk berkolaborasi, pria bernama asli Bernhard Suryaningrat ini segera mengiyakan.

Dalam kolaborasi ini Abenk ditantang untuk memberi desain pada botol Johnnie Walker seri black label dan gold label, untuk memberi inspirasi dan makna "keep walking" alias terus berjalan, terus bergerak, terus berusaha.

Abenk pun menjawabnya dengan desain burung-burung yang menjadi salah satu desain kegemarannya, serta garis-garis berbentuk seperti gelombang.

"Burung-burung ini sebenarnya menggambarkan kemauan untuk terbang, karena banyak orang yang tidak berani terbang, tidak berani mencoba atau pun berusaha," ujar Abek dalam acara virtual, Selasa, 21 September 2021.

"Jadi kita mengajak agar setiap orang berani terbang mencapai apa yang diimpikannya," lanjutnya.

Karya Abenk sebagai merchandise Johnnie Walker Karya Abenk sebagai merchandise Johnnie Walker
Tentu saja saat mencoba sesuatu, kita bisa saja menemukan rintangan. Nah menurut Abenk, garis-garis gelombang itu melambangkan rintangan atau tantangan yang harus kita lalui.

"Garis-garis ini bisa dimaknai juga sebagai universe, di mana rintangan selalu ada, namun kita harus berani mencoba. Intinya harus mengambil langkah, jalan terus, keep walking," jelasnya.

Hal ini terutama disampaikan Abenk mengingat banyak orang patah semangat menghadapi pandemi. Padahal setiap usaha tidak akan mengingkari hasilnya. Yang penting adalah melangkah maju, bukan menyerah pada keadaan.

Spirit ini memang tidak lepas dari semangat brand Johnnie Walker yang selalu berusaha mendorong batasan dengan terus berinovasi.

Menurut sejarah, John Walker lahir pada tanggal 25 Juli 1805. Ayahnya yang seorang petani meninggal pada tahun 1819, dan lahan pertaniannya kemudian dijual.

Keluarganya kemudian membuka toko bahan makanan dan minuman di sebuah gudang di High Street, Kilmarnock, Ayrshire, Skotlandia.

Walker remaja ikut mengelola dagangan kelontong, anggur, dan minuman. Karena pertimbangan ekonomi dan peraturan setempat, dalam waktu singkat, dia beralih ke bisnis wiski.

Setelah John Walker meninggal pada tahun 1857, keturunannya mewarisi bisnis ini hingga berkembang menjadi merek wiski paling dikenal di dunia setelah 200 tahun berdiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com