Kompas.com - 24/09/2021, 11:56 WIB
Ilustrasi perpustakaan WERNER STRAUBE VIA bhg.comIlustrasi perpustakaan

KOMPAS.com - Perpustakaan biasanya memiliki koleksi buku untuk dibaca pengunjungnya. Berbagai buku inilah yang kemudian menjadi sumber ilmu dan pengetahuan baru untuk para pengunjung perpusatakaan.

Namun, salah satu "perpustakaan" di Kopenhagen, Denmark, punya konsep tak biasa untuk para pengunjungnya. Bukan sebuah buku, kita bisa meminjam seseorang untuk menceritakan kisah hidupnya.

Selama 30 menit, kita bisa bertanya apa saja kepada orang tersebut, baik lewat dialog maupun diskusi kelompok kecil.

Setiap minggunya ada beberapa orang yang bisa 'dipinjam' untuk berkisah soal pengalaman hidupnya.

Tema maupun latar belakang orang-orang tersebut juga bervariasi, termasuk pelecehan seksual, kesehatan mental, dan isu-isu sensitif lainnya.

Baca juga: Kisah Hidup Dendy Darman yang Tanpa Rencana

Orang yang dijadikan bacaan hidup itu akan membuka pembicaraan dengan menjelaskan topik dan latar belakang yang berkaitan. Misalnya saja HIV, disabilitas, transgender pengungsi, Yahudi dan Muslim, atau apa pun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsep unik ini dijalankan oleh Human Library, gerakan sosial di Denmark yang berupaya menghilangkan berbagai prasangka yang tumbuh di masyarakat.

Ronni Abergel merupakan penggagasnya yang telah menjalankan perpustakaan hidup ini sejak tahun 2000. Awalnya, konsep ini digelar selama acara tahunan, Festival Musik Roskilde.

Peminatnya ternyata cukup tinggi sehinga Ronni lalu mengembangkannya menjadi organisasi nirlaba yang sudah menyebar ke lebih dari 70 negara.

"Human Library adalah ruang yang aman di mana kita dapat menjelajahi keragaman, belajar tentang cara-cara di mana kita berbeda satu sama lain, dan terlibat dengan orang-orang yang biasanya tidak akan pernah kita temui dan menantang bias bawah sadar Anda," jelasnya.

Baca juga: 63 Kata-kata Bijak Kehidupan Penuh Makna dan Inspiratif

Halaman:


Sumber France24
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.