Kompas.com - 24/09/2021, 15:19 WIB
Ilustrasi sepatu kulit Unsplash/Radek SkrzypczakIlustrasi sepatu kulit
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring waktu, sepatu baru yang sangat kita sukai bisa saja mengeluarkan bau yang tidak sedap, hingga membuat kita dan orang lain tidak nyaman.

Hal ini terjadi karena keringat membasahi bahan sepatu kita dan memungkinkan bakteri penyebab bau berkembang di dalam sepatu.

Menurut ahli, cara terbaik untuk mengatasi bau sepatu adalah dengan menghilangkan kelembapan, baik dengan membiarkan sepatu benar-benar kering di sela-sela pemakaian dan merawatnya dengan produk anti lembap.

"Penyebab utama bau pada semua jenis sepatu adalah kelembapan, yang menyebabkan banyak masalah, mulai dari bakteri penyebab bau hingga infeksi jamur pada kulit," kata Timothy Oldani, DPM, FACFAS, ahli penyakit kaki.

"Membatasi jumlah kelembapan di bagian bantalan dan lapisan dalam sepatu sangat penting," tambahnya.

Sesuatu yang dapat kita lakukan adalah dengan mengenakan jenis kaus kaki atau stoking yang tepat. Seringkali, bahan yang menyerap kelembapan, seperti katun, dapat mencegah kaki kita kepanasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menjaga sepatu kasual dan high heels agar tidak bau

Cara terbaik lainnya untuk membatasi kelembapan berlebih pada sepatu hak tinggi dan sepatu kasual adalah dengan mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan kaki kita saat memakainya.

"Menggunakan bedak penyerap bau merupakan langkah awal yang bagus," kata Dr. Oldani.

"Jika ini tidak berhasil, ada obat resep yang dapat diresepkan oleh ahli penyakit kaki untuk mencegah keringat berlebih."

Baca juga: Ini Cara Menghilangkan Bau Sepatu Secara Alami

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.