Kompas.com - 24/09/2021, 16:18 WIB
Gigi berlubang bisa sebabkan nyeri. FREEPIK/JCOMPGigi berlubang bisa sebabkan nyeri.

KOMPAS.com - Gigi berlubang merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang sering dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Umumnya, masalah gigi berlubang terjadi akibat malas menyikat gigi, sehingga terjadi penumpukan bakteri yang memicu rasa nyeri.

Tak hanya rasa nyeri yang tidak nyaman, jika tidak segera diatasi, maka gigi berlubang juga dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan kronis, yang memengaruhi saraf-saraf di tubuh.

Baca juga: Infeksi Gigi Berlubang Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Drg R. Rahardyan Parnaadji, MKes, membagikan beberapa kiat mencegah gigi berlubang.

1. Rajin sikat gigi

Banyak orang menyikat gigi hanya sekali sehari, atau bahkan ada yang tidak melakukannya sama sekali, terutama di masa pandemi ini.

Hal tersebut tentu saja memicu kuman dan bakteri dari makanan yang kita konsumsi untuk berkembang biak di sekitar area gigi dan gusi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sikat gigi itu harus dilakukan minimal dua kali sehari."

"Pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur," kata Rahardyan dalam konferensi pers Peluncuran Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021, Kamis (23/9/2021) kemarin.

Menyikat gigi dua kali sehari juga dinilai lebih efektif untuk mengurangi plak atau kotoran yang bersarang di gigi, sehingga dapat mencegah terjadinya gigi berlubang.

2. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Selain menyikat gigi dua kali sehari secara rutin, kita juga perlu memerhatikan pasta gigi yang digunakan untuk menyikat gigi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.