Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2021, 16:50 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lepas dari infeksi Covid-19 ternyata masih dapat menyebabkan gejala lanjutan yang berlangsung lama, bahkan hingga berbulan-bulan pasca infeksi hilang. Keadaan ini dikenal dengan nama long covid.

Bagi sebagian orang, gejala long covid dapat dirasakan meski telah dinyatakan negatif dengan kondisi yang lebih parah dari sebelumnya.

Sampai saat ini, para ahli masih terus mempelajari lebih lanjut tentang kondisi long covid.

Namun, ada beberapa tanda awal potensial long covid yang mungkin muncul, bahkan sebelum seseorang pulih dari infeksi virus corona.

Tanda-tanda awal long covid

Dokter spesialis paru di St. Elizabeth Healthcare, Chaitanya Mandapakala, mengatakan, gejala yang paling umum dari long covid adalah kelelahan yang sangat buruk.

Selain itu, pasien juga mengalami kondisi kelemahan otot, dan kabut otak.

Secara keseluruhan, para penderita long covid mengeluh tidak dapat melakukan hal-hal yang mereka bisa lakukan sebelumnya.

Baca juga: Stres akibat Alami Long Covid-19? Begini Solusinya...

"Sebelum terkena Covid-19, mereka dapat menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja atau dapat melakukan jenis olahraga tertentu, dan sekarang mereka tidak dapat melakukan semua itu," kata dia.

Satu penelitan oleh kelompok studi Therapies for Long Covid (TLC) di University of Birmingham, Inggris, yang diterbitkan pada bulan Juli, menemukan sejumlah gejala long covid.

Di mana, orang-orang dengan long covid mengalami gejala tertentu seperti sesak napas, nyeri dada, atau detak jantung yang tidak normal.

Sementara, orang yang memiliki komorbiditas seperti asma, berisiko lebih tinggi mengembangkan gejala long covid yang lebih parah.

Orang yang mengalami lima gejala atau lebih dalam minggu pertama terinfeksi virus corona juga tampaknya memiliki risiko lebih tinggi terkena long covid.

Gejala-gejala lain long covid

Satu penelitian besar mengidentifikasi hampir 200 gejala potensial dari kondisi long covid yang begitu luas.

Menurut Dr Mandapakala, gejala umum lainnya dari long covid ini dapat meliputi:

• Sakit kepala

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com