Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2021, 07:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Retinol merupakan senyawa turunan vitamin A yang telah terbukti secara ilmiah efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Fungsi retinol antara lain menyamarkan kerutan, mengatasi jerawat, hingga membantu menjaga kekencangan kulit wajah.

Namun, karena kandungannya yang bersifat tinggi, produk yang mengandung retinol dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di kulit, misalnya saja membuat kulit kering, terutama pada saat penggunaan awal.

Di banyak kasus, skincare yang mengandung retinol sebaiknya digunakan bertahap atau dengan intensitas kecil lalu ditingkatkan, untuk membantu toleransi kulit sebelum dirasakan efeknya bagi kulit.

Penggunaan retinol memang tidak instan, dibutuhkan waktu yang lama, meski ini berbeda-beda pada tiap orang.

Baca juga: Ketahui 3 Cara Retinol Membuat Kulit Wajah Glowing

Kiehls Retinol Skin-Renewing Daily Micro-Dose Serum.
Dok Kiehls Kiehls Retinol Skin-Renewing Daily Micro-Dose Serum.

Dosis harian

Jika kamu ingin mencoba retinol tetapi tidak yakin dengan dosisnya, kini telah tersedia produk serum mengandung retinol untuk penggunaan harian, yaitu Kiehls Retinol Skin-Renewing Daily Micro-Dose Serum.

Sesuai dengan namanya, serum ini mengandung retinol dengan persentase yang bisa dipakai sehari-hari tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman. Produk ini bahkan diklaim tetap nyaman dipakai pada dua minggu pertama.

Menurut penelitian yang dilakukan Kiehl’s, kerutan yang tersamar, kekencangan kulit, dan tekstur kulit lebih halus, dapat terlihat setelah pemakaian selama 12 minggu.

Baca juga: 6 Kiat yang Ampuh Cegah Penuaan Kulit Wajah di Usia 30-an

Scientific Director Kiehl’s Global, Dr.Nancy Ilaya mengatakan, inovasi terbaru Kiehl’s ini juga mengandung peptide dan ceramides.

“Kami ingin memformulasikan produk retinol yang dapat digunakan setiap hari dengan rasa ketidaknyamanan yang ringan namun tetap memberikan manfaat anti-aging,” katanya dalam keterangan pers.

Untuk memperoleh formula itu, maka ditambahkan peptide untuk menjaga kekencangan kulit dan ceramides yang menjaga kelembapan kulit agar tidak kering. Jumlah persentase retinol yang tepat dapat dapat secara optimal bekerja memberi manfaat yang terlihat,” katanya.

Serum retinol ini dapat digunakan pada pagi atau malam hari dan bisa dipakai semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitive.

Untuk penggunaan, cukup aplikasikan satu pompa pada wajah, kemudian lanjutkan dengan pemakaian pelembab dan sunscreen dengan kadar SPF tinggi di pagi hari.

Selain di kulit wajah, serum ini juga bisa dipakai di area di mana tanda penuaan muncul, misalnya leher dan punggung tangan.

Baca juga: 5 Bahan Skincare untuk Atasi Garis-garis Halus Tanda Penuaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com