Kompas.com - 26/09/2021, 09:10 WIB
Omega Speedmaster Chronoscope Omega Speedmaster Chronoscope
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Segala hal yang memiliki nuansa klasik akan memberikan nilai lebih dan daya tarik tersendiri, tak terkecuali jam tangan.

Dalam dunia horologi, penempatan multiple scale atau beberapa skala di bagian dial adalah satu hal vintage yang dicari banyak kolektor jam.

Sekitar tahun 1800-an, rata-rata pembuat jam merancang jam saku (pocket watch) dengan meletakkan multiple scale di bagian dial.

Multiple scale adalah skala yang menunjukkan beberapa informasi penting, seperti tachymeter yang berfungsi melacak kecepatan dibandingkan jarak.

Ada pula skala pulsometer, yang biasanya digunakan para dokter untuk menghitung detak jantung pasien.

Omega Speedmaster Chronoscope Omega Speedmaster Chronoscope
Memasuki abad ke-20, praktik pemberian multiple scale juga ditemui di banyak arloji buatan watchmaker ternama, termasuk Omega yang merancang kreasi dengan fitur multiple scale di tahun 1930-an dan 1940-an.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kali ini pembuat jam yang berbasis di Swiss tersebut kembali membawa desain multiple scale pada salah satu jajaran produk unggulan perusahaan, yakni Speedmaster yang sering disebut jam tangannya astronot.

Seperti yang sudah diketahui, Omega Speedmaster pernah dipakai para astronot terbang ke luar angkasa di antara tahun 1962 dan 1969.

Salah satu model Speedmaster dipakai astronot dan pilot pesawat tempur AS Buzz Aldrin ketika ia menjalani misi ke Bulan dengan Apollo 11 di tahun 1969, menjadikannya arloji pertama yang sampai ke Bulan.

Baca juga: Inovasi Omega pada Arloji yang Pernah ke Bulan

Omega Speedmaster Chronoscope Omega Speedmaster Chronoscope
Nah, kembali ke topik, Omega baru-baru ini memberi update pada arloji "astronot"nya dengan tiga skala dan dinamai Speedmaster Chronoscope.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.