Kompas.com - 26/09/2021, 11:45 WIB
Merawat tanaman hias agar tumbuh subur tidak layu dan leggy, dengan bantuan sinar matahari yang cukup. SHUTTERSTOCK/MAKISTOCKMerawat tanaman hias agar tumbuh subur tidak layu dan leggy, dengan bantuan sinar matahari yang cukup.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orang yang baru pertama kali memiliki tanaman di rumah, umumnya akan bersemangat bahkan bertindak berlebihan dalam merawat tanamannya.

Padahal sebagian besar tanaman tidak memerlukan perhatian terus-menerus untuk tumbuh sehat. Ada banyak tanaman hias yang mudah dirawat yang hanya membutuhkan sedikit perhatian beberapa kali setiap tahun.

Tetapi ketika kita perlu turun tangan dan melakukan perawatan, tips ini akan memberi kita pengetahuan yang dibutuhkan untuk membuat tanaman tumbuh subur.

1. Menyirami tanaman 

Semua tanaman hias memiliki kebutuhan penyiraman yang berbeda, tergantung pada jenisnya, dan bagaimana mereka tumbuh.

Yang terbaik adalah menyiram sesuai kebutuhan masing-masing tanaman, daripada dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi kita tidak harus menyiram pagi dan sore, namun lebih memperhatikan kondisi tanahnya. Secara umum, tanaman harus disiram ketika bagian atas media tanahnya terlihat kering.

Kamu bisa mencoba memasukkan jari sedalam 2-3 cm untuk mengetahui apakah tanah di sana masih basah atau sudah kering dan perlu disiram.

Perlu diketahui, kaktus dan sukulen membutuhkan lebih sedikit air, sedangkan tanaman berbunga biasanya membutuhkan lebih banyak air.

Overwatering adalah salah satu penyebab paling umum kematian tanaman hias, sehingga kita perlu mengetahui kapan waktunya disiram.

Baca juga: Perhatikan, Cara Menyiram Tanaman yang Pas dan Tak Berlebih

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.