Kompas.com - 27/09/2021, 11:08 WIB
Manfaat teh hijau sangatlah beragam bagi kesehatan, begitu pula untuk kulit. Memperoleh manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit yang sehat dapat dilakukan dengan menjadikannya masker. PEXELS/PIXABAYManfaat teh hijau sangatlah beragam bagi kesehatan, begitu pula untuk kulit. Memperoleh manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit yang sehat dapat dilakukan dengan menjadikannya masker.

KOMPAS.com - Manfaat teh hijau sangatlah beragam bagi kesehatan. Menutut WebMD, misalnya, dijelaskan bahwa sejumlah studi menemukan bahwa manfaat teh hijau termasuk melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, osteoporosis, dan membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, manfaat teh hijau ternyata juga bisa didapatkan untuk memperoleh kulit yang bersih dan sehat.

Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit sehat

Teh hijau adalah tumbuhan yang berasal dari daun dan kuncup tanaman teh Camellia sinensis.

Dokter kulit terseritifikasi badan dari Los Angeles, Christine Choi Kim, MD menjelaskan kepada Byrdie bahwa komponen aktif teh hijau adalah polifenol (disebut juga katekin) yang diyakini memiliki manfaat bagi kulit karena sifat antioksidan dan antiinflamasinya.

Epigallocatechin gallate (EGCG) adalah katekin yang paling banyak dipelajari dan digunakan, baik secara oral maupun topikal, karena memiliki banyak potensi manfaat kesehatan.

Teh hijau juga mengandung kafein dan tanin, yang dapat membantu menyehatkan kulit dengan mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi bengkak.

Karena sifatnya yang beragam, teh hijau telah dipelajari sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi kulit, seperti jerawat, rosacea, psoriasis, kutil virus, dan bahkan kanker kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Simak, 6 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

Melansir Healthline, berikut sejumlah manfaat teh hijau untuk wajah yang sayang untuk dilewatkan:

1. Teh hijau melindungi dari kanker kulit

Salah satu manfaat teh hijau untuk wajah adalah membantu melawan kanker kulit.FREEPIK/MASTER1305 Salah satu manfaat teh hijau untuk wajah adalah membantu melawan kanker kulit.
Teh hijau mengandung polifenol dan enam jenis katekin berbeda, dengan EGCG dan epicatechin gallate (ECG) memiliki potensi paling besar. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan adalah molekul yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.