Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah dan Kulit yang Sehat

Kompas.com - 27/09/2021, 11:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Manfaat teh hijau sangatlah beragam bagi kesehatan. Menutut WebMD, misalnya, dijelaskan bahwa sejumlah studi menemukan bahwa manfaat teh hijau termasuk melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, osteoporosis, dan membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, manfaat teh hijau ternyata juga bisa didapatkan untuk memperoleh kulit yang bersih dan sehat.

Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit sehat

Teh hijau adalah tumbuhan yang berasal dari daun dan kuncup tanaman teh Camellia sinensis.

Dokter kulit terseritifikasi badan dari Los Angeles, Christine Choi Kim, MD menjelaskan kepada Byrdie bahwa komponen aktif teh hijau adalah polifenol (disebut juga katekin) yang diyakini memiliki manfaat bagi kulit karena sifat antioksidan dan antiinflamasinya.

Epigallocatechin gallate (EGCG) adalah katekin yang paling banyak dipelajari dan digunakan, baik secara oral maupun topikal, karena memiliki banyak potensi manfaat kesehatan.

Teh hijau juga mengandung kafein dan tanin, yang dapat membantu menyehatkan kulit dengan mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi bengkak.

Karena sifatnya yang beragam, teh hijau telah dipelajari sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi kulit, seperti jerawat, rosacea, psoriasis, kutil virus, dan bahkan kanker kulit.

Baca juga: Simak, 6 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

Melansir Healthline, berikut sejumlah manfaat teh hijau untuk wajah yang sayang untuk dilewatkan:

1. Teh hijau melindungi dari kanker kulit

Salah satu manfaat teh hijau untuk wajah adalah membantu melawan kanker kulit.FREEPIK/MASTER1305 Salah satu manfaat teh hijau untuk wajah adalah membantu melawan kanker kulit.
Teh hijau mengandung polifenol dan enam jenis katekin berbeda, dengan EGCG dan epicatechin gallate (ECG) memiliki potensi paling besar. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan adalah molekul yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas adalah senyawa yang dapat membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit jika kadarnya terlalu tinggi, serta dapat menyebabkan kerusakan sel.

Radikal bebas berkaitan dengan banyak penyakit, termasuk kanker.

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Jenis Kanker Kulit

2. Teh hijau membantu melawan penuaan dini

Manfaat teh hijau untuk wajah lainnya adalah membantu melawan penuaan dini.FREEPIK/VALUAVITALY Manfaat teh hijau untuk wajah lainnya adalah membantu melawan penuaan dini.
Manfaat teh hijau untuk wajah lainnya adalah membantu melawan penuaan dini.

Sebuah studi tahun 2003 menunjukkan bahwa antioksidan EGCG yang berlimpah dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit yang rusak.

Dengan melindungi dan memperbaiki sel-sel, EGCG dapat membantu memerangi tanda-tanda penuaan dan membuat kulit kusam terlihat lebih sehat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com