Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Sepatu Resmi James Bond, Mulai Dari Oxford hingga Loafer

Kompas.com - 27/09/2021, 12:49 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – James Bond mungkin identik dengan tuxedo stylish yang dilengkapi dengan arloji mewah, dan dasi kupu-kupu. Namun, penampilan mereka tak akan lengkap tanpa hadirnya dress shoe atau sepatu resmi di kakinya.

Memang, kini sneaker trendi lebih banyak dipilih karena nyaman dipakai dan sangat cocok untuk di-mix and match dengan berbagai outfit. Namun, dress shoe tetap memiliki pesonanya sendiri.

Nah, sambil menyambut penayangan No Time To Die yang tinggal menghitung jam saja, bagaimana jika kita menengok gaya berdandan seperti James Bond dengan mengenakan dress shoe?

Misalnya, mengenakan beberapa jenis dress shoe yang sering dijumpai dalam film-film James Bond, berikut ini.

Oxford

Sepatu Oxford Crockett & Jones Sepatu Oxford Crockett & Jones
Sepatu oxford, terutama yang dibuat dari kulit dan berwarna hitam, merupakan sepatu standar saat menghadiri acara resmi.

Bagi yang belum tahu, biasanya sepatu ini memiliki sistem tali tertutup, bagian punggung kaki rendah dan tipis, serta sol non karet (umumnya kulit).

Lalu, semakin sedikit detail sepatunya, penampilan pun akan semakin resmi. Bahkan sepatu Oxford yang digemari adalah jenis wholecut, alias dibuat dari kulit utuh tanpa sambungan.

Nah, Bond sebenarnya sempat terlihat mengenakan beberapa pasang oxford. Misalnya dalam film Skyfall, Spectre dan No Time To Die, Daniel Craig mengenakan sepatu kustom yang dirancang oleh Crockett and Jones.

Brand asal Northampton, kota di Inggris ini memang terkenal akan produksi sepatunya.

Koleksi Oxford milik Crockett and Jones memang dikenal dengan kualitasnya. Bahkan, untuk merayakan penayangan No Time To Die, brand itu merilis sepatu oxford edisi khusus yang dinamai “James.”

Dan sepatu itu memang seperti James Bond, stylish dan superior, dengan bagian luar yang terbuat dari kulit anak sapi yang didapatkan dari penyamakan kulit terbaik Eropa.

Bagian dalam sepatu pun tak kalah menarik, terbuat dari kulit dengan signature Hand Grade Crockett and Jones di bagian sol kulit, yang dilengkapi dengan logo “007” berwarna perak yang juga bisa ditemukan di kotak sepatunya.

Baca juga: 7 Sepatu yang Wajib Dimiliki Para Pria, Sneaker Hingga Oxford

Derby

Sepatu Derby Highbury dari Crockett & Jones Sepatu Derby Highbury dari Crockett & Jones
Kita bisa membedakan antara Derby dengan Oxford lewat bagian talinya. Berbeda dengan Oxford, sepatu Derby memiliki flap atau komponen yang menjadi bagian tali, membuatnya tidak seformal oxford yang memiliki tali tertutup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com