Kompas.com - 27/09/2021, 16:30 WIB
Scuba diving alias menyelam adalah olahraga bawah laut di mana pelakunya membawa alat bantu pernapasan mandiri. Hal ini menjadi faktor pembeda utama antara scuba diving dan free diving, di mana pelakunya tak menggunakan alat bantu pernapasan saat berada di bawah air. PIXABAYScuba diving alias menyelam adalah olahraga bawah laut di mana pelakunya membawa alat bantu pernapasan mandiri. Hal ini menjadi faktor pembeda utama antara scuba diving dan free diving, di mana pelakunya tak menggunakan alat bantu pernapasan saat berada di bawah air.

KOMPAS.com - Sebagai negara maritim, Indonesia menjadi lokasi favorit bagi banyak penggemar olahraga air termasuk snorkeling, scuba diving, dan juga freediving.

Snorkeling, yang kini banyak dilakukan di berbagai lokasi wisata, jauh lebih populer di kalangan orang awam.

Aktivitas snorkeling memang tergolong lebih mudah, karena dilakukan di perairan dangkal.

Baca juga: 6 Manfaat Kesehatan Freediving, Olahraga Selam Tanpa Alat Bantu Napas

Sedangkan scuba diving dan freediving lebih cocok untuk penjelajahan laut dalam dan lebih luas.

Tentunya, dua jenis olahraga ini membutuhkan pelatihan dan teknik khusus untuk memastikan keamanannya.

Scuba diving merupakan kegiatan jelajah bawah laut dengan bantuan alat pernapasan, sehingga durasi penyelamannya bisa lebih panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini sesuai dengan singkatkan SCUBA yakni Self Contained Underwater Breathing Apparatus yang jika diterjemahkan menjadi alat pernapasan mandiri di bawah air.

Sedangkan freediving, yang baru-baru ini jadi pembahasan, adalah olahraga selam bebas yang dipraktikkan tanpa alat bantu pernapasan.

Artinya, seseorang benar-benar memaksimalkan fungsi tubuhnya untuk menahan napas selama mungkin ketika berada di bawah air.

Perbedaan freediving dan scuba diving

Freediving dan scuba diving adalah dua jenis olahraga yang berbeda meski sama-sama memberikan kesempatan menikmati keindahan bawah laut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.