Kompas.com - 27/09/2021, 19:16 WIB
Berbagai platform komunikasi melalui chatting memungkinkan kita membuat sebuah grup berdasarkan minat, dan kesamaan tertentu. Namun demikian, ada etika yang harus diperhatikan dalam mengirimkan pesan ke grup chat semacam itu. PEXELS/Alok Sharma Berbagai platform komunikasi melalui chatting memungkinkan kita membuat sebuah grup berdasarkan minat, dan kesamaan tertentu. Namun demikian, ada etika yang harus diperhatikan dalam mengirimkan pesan ke grup chat semacam itu.

KOMPAS.com - Saat ini, kita mungkin memiliki cukup banyak grup chat di ponsel untuk memudahkan komunikasi, baik dengan keluarga, teman, atau rekan kerja.

Namun, terkadang menavigasi semua pesan di grup itu bisa menjadi tantangan tersendiri.

Apalagi, dengan jumlah kontak yang lebih luas, akan lebih mudah bagi kita terlibat dalam masalah jika tidak mengetahui etika yang benar.

Pakar etiket sekaligus pendiri Swann School of Protocol, Elaine Swann memberikan penjelasannya mengenai etika di dalam grup chat.

Baca juga: 10 Etika Grup Chat yang Wajib Kita Patuhi

Dia mengatakan, sebelum mengirimkan pesan di grup chat, kita harus memiliki tiga nilai utama yakni rasa hormat, kejujuran, dan penuh perhatian.

"Kita harus menghormati semua orang yang ada di grup, dan kita bisa menjadi lebih ahli dalam berkomunikasi di grup jika bisa mengikuti aturan ini," ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu, untuk menghindari masalah yang bisa saja terjadi dalam percakapan, kita bisa mengetahui etika-etika yang tepat dalam mengirimkan pesan di grup chat.

  • Menjaga grup hanya dengan orang yang dikenal

Terlalu mudah untuk terus menambahkan anggota baru, tetapi sebisa mungkin kita menjaga grup hanya dengan orang-orang yang sudah dikenal saja.

"Setiap orang setidaknya harus saling mengenal. Jika kita tidak berurusan satu sama lain, grup itu mungkin agak terlalu besar," kata Swann.

Pikirkan tentang tujuan grup sebelum memutuskan untuk memasukkan anggota-anggota di dalamnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.