Kompas.com - Diperbarui 20/10/2022, 13:18 WIB

KOMPAS.com - Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir atau putus asa.

Menurut Healthline, komedo adalah jerawat yang muncul ke permukaan kulit. Ketika pori-pori tersumbat dan menutup, itu dikenal sebagai whitehead. Namun, ketika bagian atasnya tetap terbuka, jerawat tersebut dikenal sebagai blackhead atau komedo.

Penyebab komedo

Komedo berwarna hitam atau abu-abu gelap karena minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori “mengoksidasi” atau berubah menjadi hitam ketika bersentuhan dengan udara.

Menurut dokter kulit medis, kosmetik, dan laser dari New York City, Marnie B Nussbaum, MD kepada SELF, pada dasarnya siapa saja berisiko memiliki komedo. Namun, orang-orang dengan kulit kombinasi atau berminyak adalah yang paling rentan memiliki komedo.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Apakah Ada?

Cara menghilangkan komedo di hidung

Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir.SHUTTERSTOCK/THAMKC Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir.
Meski sering kali tak menyakitkan, komedo dapat mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman.

Itulah mengapa, banyak orang yang memiliki komedo mencari cara menghilangkan komedo di hidung.

Ada beberapa opsi perawatannya, mulai dari perawatan komedo rumahan hingga pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter kulit.

Baca juga: Masker Buatan Rumahan untuk Usir Komedo di Wajah Pria

Berikut cara menghilangkan komedo di hidung yang dapat dipraktikkan di rumah:

1. Cuci wajah dua kali sehari dan setelah olahraga

Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.SHUTTERSTOCK Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.
Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.

Idealnya kita mencuci wajah di pagi hari untuk menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, atau bakteri yang mungkin berdiam di wajah sepanjang malam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.