Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Bisa Coba di Rumah

Kompas.com - Diperbarui 20/10/2022, 13:18 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir atau putus asa.

Menurut Healthline, komedo adalah jerawat yang muncul ke permukaan kulit. Ketika pori-pori tersumbat dan menutup, itu dikenal sebagai whitehead. Namun, ketika bagian atasnya tetap terbuka, jerawat tersebut dikenal sebagai blackhead atau komedo.

Penyebab komedo

Komedo berwarna hitam atau abu-abu gelap karena minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori “mengoksidasi” atau berubah menjadi hitam ketika bersentuhan dengan udara.

Menurut dokter kulit medis, kosmetik, dan laser dari New York City, Marnie B Nussbaum, MD kepada SELF, pada dasarnya siapa saja berisiko memiliki komedo. Namun, orang-orang dengan kulit kombinasi atau berminyak adalah yang paling rentan memiliki komedo.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Apakah Ada?

Cara menghilangkan komedo di hidung

Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir.SHUTTERSTOCK/THAMKC Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir.
Meski sering kali tak menyakitkan, komedo dapat mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman.

Itulah mengapa, banyak orang yang memiliki komedo mencari cara menghilangkan komedo di hidung.

Ada beberapa opsi perawatannya, mulai dari perawatan komedo rumahan hingga pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter kulit.

Baca juga: Masker Buatan Rumahan untuk Usir Komedo di Wajah Pria

Berikut cara menghilangkan komedo di hidung yang dapat dipraktikkan di rumah:

1. Cuci wajah dua kali sehari dan setelah olahraga

Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.SHUTTERSTOCK Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.
Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.

Idealnya kita mencuci wajah di pagi hari untuk menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, atau bakteri yang mungkin berdiam di wajah sepanjang malam.

Penting pula untuk mencuci sarung bantal secara rutin.

Bagi kebanyakan orang, mencuci wajah dua kali sehari adalah frekuensi yang tepat. Namun, orang dengan kulit kering dan sensitif mungkin hanya bisa melakukannya sekali.

Jika ingin menghilangkan jerawat, pilih sabun cuci wajah yang mengandung eksolian kimia seperti asam salisilat atau asam glikolat. Sementara jika memiliki jerawat meradang, produk pembersih mengandung benzoil peroksida bisa membantu.

Namun, bahan-bahan tersebut bisa keras dan membuat kulit kering jika digunakan terlalu sering. Beberapa orang dengan kulit yang lebih berminyak mungkin bisa menggunakannya dua kali sehari, namun bagi sebagian lainnya mungkin cukup sekali saja.

Selain mencuci wajah rutin, pastikan segera melakukannya juga setelah berolahraga. Sebab, keringat bisa terperangkap di pori-pori bersama kotoran dan minyak.

Baca juga: Cuci Wajah Selama Dua Menit Bisa Bikin Kulit Lebih Cerah

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com