Kompas.com - 28/09/2021, 08:47 WIB
Menggunakan pore strip sering kali menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung. PEXELS/SAM LIONMenggunakan pore strip sering kali menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.

KOMPAS.com - Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir atau putus asa.

Menurut Healthline, komedo adalah jerawat yang muncul ke permukaan kulit. Ketika pori-pori tersumbat dan menutup, itu dikenal sebagai whitehead. Namun, ketika bagian atasnya tetap terbuka, jerawat tersebut dikenal sebagai blackhead atau komedo.

Penyebab komedo

Komedo berwarna hitam atau abu-abu gelap karena minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori “mengoksidasi” atau berubah menjadi hitam ketika bersentuhan dengan udara.

Menurut dokter kulit medis, kosmetik, dan laser dari New York City, Marnie B Nussbaum, MD kepada SELF, pada dasarnya siapa saja berisiko memiliki komedo. Namun, orang-orang dengan kulit kombinasi atau berminyak adalah yang paling rentan memiliki komedo.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Apakah Ada?

Cara menghilangkan komedo di hidung

Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir.SHUTTERSTOCK/THAMKC Cara menghilangkan komedo di hidung sangatlah bervariasi. Jadi, ketika menemukan komedo tumbuh permukaan kulit, jangan dulu khawatir.
Meski sering kali tak menyakitkan, komedo dapat mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itulah mengapa, banyak orang yang memiliki komedo mencari cara menghilangkan komedo di hidung.

Ada beberapa opsi perawatannya, mulai dari perawatan komedo rumahan hingga pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter kulit.

Baca juga: Masker Buatan Rumahan untuk Usir Komedo di Wajah Pria

Berikut cara menghilangkan komedo di hidung yang dapat dipraktikkan di rumah:

1. Cuci wajah dua kali sehari dan setelah olahraga

Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.SHUTTERSTOCK Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.
Mencuci wajah secara rutin bisa membantu mencegah jerawat, yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.

Idealnya kita mencuci wajah di pagi hari untuk menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, atau bakteri yang mungkin berdiam di wajah sepanjang malam.

Penting pula untuk mencuci sarung bantal secara rutin.

Bagi kebanyakan orang, mencuci wajah dua kali sehari adalah frekuensi yang tepat. Namun, orang dengan kulit kering dan sensitif mungkin hanya bisa melakukannya sekali.

Jika ingin menghilangkan jerawat, pilih sabun cuci wajah yang mengandung eksolian kimia seperti asam salisilat atau asam glikolat. Sementara jika memiliki jerawat meradang, produk pembersih mengandung benzoil peroksida bisa membantu.

Namun, bahan-bahan tersebut bisa keras dan membuat kulit kering jika digunakan terlalu sering. Beberapa orang dengan kulit yang lebih berminyak mungkin bisa menggunakannya dua kali sehari, namun bagi sebagian lainnya mungkin cukup sekali saja.

Selain mencuci wajah rutin, pastikan segera melakukannya juga setelah berolahraga. Sebab, keringat bisa terperangkap di pori-pori bersama kotoran dan minyak.

Baca juga: Cuci Wajah Selama Dua Menit Bisa Bikin Kulit Lebih Cerah

2. Jangan pencet komedo

Sama seperti jerawat, jangan pencet komedo. Alih-alih menjadi cara menghilangkan komedo di hidung, cara tersebut malah dapat menimbulkan peradangan yang lebih parah.FREEPIK/WAYHOMESTUDIO Sama seperti jerawat, jangan pencet komedo. Alih-alih menjadi cara menghilangkan komedo di hidung, cara tersebut malah dapat menimbulkan peradangan yang lebih parah.
Seperti pada jerawat, jangan cabut atau pencet komedo dengan jari. Menurut MedicineNet, kita mungkin berpikir komedo adalah kotoran yang terakumulasi dan mencabutnya adalah salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.

Padahal, memencet komedo bisa membuatnya lebih parah dan dapat memicu infeksi.

Baca juga: Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan dan Cara Mengatasinya

3. Gunakan tabir surya bebas minyak

Menggunakan tabir surya bebas minyak dapat secara efektif dapat membantu menangkal sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB), yang pada akhirnya menjadi cara menghilangkan komedo di hidung.
PEXELS/ARMIN ROMOLDI Menggunakan tabir surya bebas minyak dapat secara efektif dapat membantu menangkal sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB), yang pada akhirnya menjadi cara menghilangkan komedo di hidung.
Menggunakan tabir surya di atas kulit yang berjerawat atau tumbuh komedo mungkin terasa agak aneh. Sebab, jerawat dan komedo mungkin disebabkan oleh minyak berlebih.

Namun, penting untuk tetap menggunakan tabir surya, apapun jenis kulit kita.

Untungnya, ada beberapa pilihan tabir surya bebas minyak yang cukup bagus dan secara efektif dapat membantu menangkal sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Ini pada akhirnya dapat menjadi bagian dari cara menghilangkan komedo di hidung.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Tepat

4. Mengeksfoliasi kulit

Eksfoliasi juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.FREEPIK/WAYHOMESTUDIO Eksfoliasi juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.
Eksfoliasi juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.

Meski kita berpikir eksfoliasi adalah tindakan keras dan bisa menyebabkan peradangan lebih pada jerawat atau komedo, namun ada beberapa eksfolian yang dapat kita gunakan.

Dianjurkan mencari produk mengandung alpha dan beta hydroxy acid (AHA dan BHA). Keduanya adalah asam yang lembut dan dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta membantu produk meresap lebih baik di kulit.

Salah satu jenis BHA adalah asam salisilat, jenis BHA yang larut dalam minyak dan membantu membersihkan pori-pori. Sementara Asam glikolat dan asam laktat adalah AHA yang larut dalam air serta berasal dari sumber alami, seperti susu, buah, dan gula.

Namun, AHA dan BHA dapat menghilangkan lapisan kulit, yang pada akhirnya bisa membuat kulit lebih rentan terhadap UVA dan UVB. Jadi, jangan lupa gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Tanda Kulit Terlalu Sering Eksfoliasi

5. Menggunakan masker tanah liat atau arang

Masker yang mengandung tanah liat (clay) atau arang (charcoal) dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.PEXELS/MIRIAM ALONSO Masker yang mengandung tanah liat (clay) atau arang (charcoal) dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.
Masker yang mengandung tanah liat (clay) atau arang (charcoal) dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit.

Produk seperti ini mungkin tidak "mendetoksifikasi" kulit kita, tetapi seiring waktu keduanya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung dan mengatasi masalah jerawat lainnya.

Gunakan produk sesuai petunjuk di kemasan, termasuk durasi pemakaian masker.

Pastikan menggunakannya secara hati-hati dan menggunakan pelembap setelahnya agar kulit tidak kering.

Baca juga: 6 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah, Sayang Dilewatkan

6. Menggunakan produk retinoid

Produk retinoid membantu membuka pori-pori, yang pada akhirnya menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.SHUTTERSTOCK Produk retinoid membantu membuka pori-pori, yang pada akhirnya menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.
Produk retinoid membantu membuka pori-pori, yang pada akhirnya menjadi salah satu cara menghilangkan komedo di hidung.

Retinoid adalah derivat dari vitamin A dan bisa didapatkan secara bebas maupun dengan resep dokter dalam berbagai bentuk, seperti minyak, serum, dan gel.

Aplikasikan produk retinoid secara rutin setiap malamnya. Untuk retinoid yang lebih kuat, kita mungkin perlu resep dokter.

Baca juga: 5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Ibu Hamil

7. Jangan gunakan skincare berlebihan

Meski penggunaan skincare dengan bahan tertentu dianjurkan, namun hindari menggunakan skincare secara berlebihan jika sedang mencari cara menghilangkan komedo di hidung.PEXELS/SORA SHIMAZAKI Meski penggunaan skincare dengan bahan tertentu dianjurkan, namun hindari menggunakan skincare secara berlebihan jika sedang mencari cara menghilangkan komedo di hidung.
Meski penggunaan skincare dengan bahan tertentu dianjurkan, namun hindari menggunakan skincare secara berlebihan.

Eksfoliasi atau mencuci wajah beberapa kali sehari, misalnya, mungkin dapat memperparah iritasi dan membuat kulit kering alih-alih menghilangkan komedo.

Kulit kering cenderung memproduksi minyak lebih banyak, yang pada akhirnya dapat memperparah masalah komedo.

Jadi, cucilah wajah hanya satu atau dua kali sehari, terutama setelah berolahraga.

Hindari pula penggunaan masker dan kosmetik secara berlebih.

Baca juga: Catat, Ini Urutan Skincare Pagi dan Malam Hari yang Benar

8. Tetap terhidrasi

Jika sedang mencari cara menghilangkan komedo di hidung, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.PEXELS/PIXABAY Jika sedang mencari cara menghilangkan komedo di hidung, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
Pastikan menerapkan pola makan sehat dan seimbang, serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Usahakan pola makan kita tinggi konsumsi gandum utuh, buah, dan sayuran.

Sebab, kesehatan kulit tidak hanya ditentukan dari apa yang kita aplikasikan secara eksternal, tetapi juga dari apa yang kita konsumsi.

Jika sedang mencari cara menghilangkan komedo di hidung, penting untuk tetap memperhatikan poin ini.

Baca juga: 8 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

9. Hindari makeup yang komedogenik

Sebagai cara menghilangkan komedi di hidung dan mencegahnya, pilihlah makeup dan skincare yang bersifat nonkomedogenik atau bebas minyak.PEXELS/POLINA TANKILEVITCH Sebagai cara menghilangkan komedi di hidung dan mencegahnya, pilihlah makeup dan skincare yang bersifat nonkomedogenik atau bebas minyak.
Tabir surya bukanlah satu-satunya produk yang dapat menyumbat pori-pori. Ada banyak bahan dari makeup dan skincare yang juga bersifat komedogenik, termasuk produk mengandung minyak.

Kita tidak selalu bisa mencari tahu apakah suatu produk komedogenik atau tidak dan bahan-bahan yang dikategorikan komedogenik juga bisa membuat pusing awam.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membaca di kemasan apakah produk tersebut nonkomedogenik atau bebas minyak.

Secara umum, jika kulit kita rentan berjerawat, penting untuk menghindari produk berbasis minyak, yang akan tertahan di kulit dan membuat keringat, kotoran, serta sel kulit mati terperangkap. Jadi, pilihlah produk yang lembut dan ringan, serta menghidrasi.

Baca juga: Bahan-bahan dalam Produk Skin Care yang Bisa Atasi Komedo

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.