Kompas.com - 28/09/2021, 12:12 WIB
Ilustrasi klepon, kue tradisional Indonesia. Dok. Shutterstock/Riki Risnandar PhotoProIlustrasi klepon, kue tradisional Indonesia.

KOMPAS.com - Kue tradisional Indonesia atau sering disebut jajan pasar sangat beragam jenisnya. Rasanya juga enak dengan bentuk dan warna yang cantik.

Namun, kue-kue tradisional ini sering kalah dibanding jajanan kekinian. Baik dalam hal harga atau pun kepopulerannya.

Agar bisa bersaing dengan kue modern, kini semakin banyak pengusaha kuliner rumahan yang berani menciptakan kue tradisional yang dibalut cita rasa konsumen masa kini.

Caption Chef BOLA Deli bersama Fatmah Bahalwan memamerkan kue yang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan.Dok Bola Deli Caption Chef BOLA Deli bersama Fatmah Bahalwan memamerkan kue yang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan.
“Waktu dulu kue tradisional dianggap tidak menarik bagi kaum muda karena tampilan dan rasa kurang kekinian, tidak tahan lama dan cara pembuatan ribet. Tapi sekarang rasa dan bentuk kue tradisonal tidak kalah menarik dengan kue modern,” kata Marketing Manager tepung Bola Deli, Dwi Rahayu, dalam keterangan pers.

Ahli Kuliner Indonesia Fatmah Bahalwan, sekaligus pendiri Natural Cooking Club (NCC) mengakui bahwa jajanan tradisional memang kerap dilupakan kaum muda karena dianggap ketinggalan jaman.

Baca juga: 4 Cara Gunakan Tepung Ketan untuk Bikin Kue Tradisional

Namun dia optimis dengan kreativitas yang dapat menyulap hidangan tradisional menjadi lebih modern, maka tak hanya menarik secara visual namun juga membuat enaknya jadi beda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chef Devina Hermawan menambahkan, untuk mengolah jajan pasar agar tampil lebih modern bisa dilakukan dengan memodifikasi sajian tanpa menghilangkan bahan utama dan proses pembuatannya.

“Misalnya klepon yang diisi dengan cokelat atau keju, gemblong yang dibalut green tea. Bahkan, kini sudah banyak pelaku usaha kecil yang membawa hidangan tradisional dalam bentuk modern seperti cake ulang tahun,” kata Devina.

Ia mengatakan, fusion Indonesian snack bisa membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk menyajikan sajian unik dengan tetap menonjolkan jajanan asli Indonesia.

Baca juga: 15 Resep Kue Tradisional Kukus untuk Camilan Akhir Pekan

Untuk memberikan inspirasi dalam menyajikan jajanan tradisional khas Indonesia dengan sentuhan kekinian, Bola Deli banyak menciptakan inovasi-inovasi resep serta menjalin kolaborasi dengan chef-chef muda seperti Chef Devina Hermawan, Chef Putri Miranti, Chef Putri Habibie dan Chef Diana Cahya.

Tak ketinggalan untuk mendongkrak popularitas di segment millennial turut dihadirkan Sarwendah sebagai sosok selebritis yang cukup piawai membuat kue-kue kekinian.

“Semuanya kami lakukan untuk mendorong masyarakat terus menyajikan jajanan tradisional Indonesia baik di dapur keluarga, maupun untuk kebutuhan usaha,” kata Dwi.

Baca juga: Waspada Bahaya Diabetes di Balik Jajanan Kekinian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.