Kompas.com - 28/09/2021, 13:25 WIB
Menggunakan sampo anti ketombe adalah salah satu cara menghilangkan ketombe yang umum dilakukan. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVMenggunakan sampo anti ketombe adalah salah satu cara menghilangkan ketombe yang umum dilakukan.

KOMPAS.com - Menggunakan sampo anti-ketombe adalah salah satu cara menghilangkan ketombe yang umum dilakukan.

Selain melihat labelnya, kita juga harus mampu mengenali bahan-bahan apa saja yang ampuh mengatasi masalah ketombe.

Penyebab ketombe

Menurut Mayo Clinic dan Today, seperti dikutip Kompas.com (28/09/2021), masalah ketombe bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kulit kepala yang teriritasi dan berminyak, kulit kepala kering, jamur yang memakan minyak di kulit kepala, kepekaan terhadap produk perawatan rambut, dan kondisi kulit yang mendasari, seperti psoriasis dan eksim.

Kulit akan terus-menerus berganti dan sel-sel tua akan didorong keluar karena mati dan mulai mengelupas.

Biasanya, serpihan sel-sel tua tersebut berukuran kecil dan tidak mencolok.

Namun, pada orang-orang yang memiliki masalah ketombe, sel-sel kulit berganti lebih cepat daripada siklus normal.

Oleh karena itu, kulit sering kali mengelupas dalam gumpalan yang lebih besar dan berminyak sehingga lebih terlihat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski tidak menular atau merupakan masalah serius, namun ketombe bisa membuat seseorang merasa malu dan memengaruhi kepercayaan diri, serta bisa sulit diatasi.

Tingkat keparahan ketombe berbeda pada setiap kasus. Cara menghilangkan ketombe ringan bisa dilakukan dengan sampo anti-ketombe. Namun, pada kasus yang lebih berat, seseorang mungkin memerlukan sampo pengobatan.

Baca juga: Ketahui, 7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Bahan dalam sampo anti-ketombe

Ketika mencari sampo anti ketombe, cobalah membaca label produk untuk mengetahui bahan aktif yang digunakan.PEXELS/SARAH CHAI Ketika mencari sampo anti ketombe, cobalah membaca label produk untuk mengetahui bahan aktif yang digunakan.
Menurut Medical News Today, sampo anti-ketombe atau anti jamur biasanya mengandung setidaknya salah satu bahan aktif berikut:

  • Ketoconazole: bahan antijamur yang cocok untuk segala usia.
  • Selenium sulfida: membantu mengatasi ketombe dengan mengurangi produksi minyak alami kelenjar kulit kepala. Selenium sulfida juga memiliki sifat antijamur.
  • Zinc pyrithione: memperlambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.
  • Tar batubara: memiliki agen antijamur alami dan dapat mengurangi produksi sel kulit berlebih. Selama penggunaan jangka panjang, tar batubara dapat menodai rambut yang diwarnai atau dirawat serta dapat meningkatkan sensitivitas kulit kepala terhadap sinar matahari. Jadi, pengguna harus mengenakan topi saat berada di luar ruangan. Tar batubara juga dapat bersifat karsinogenik dalam dosis tinggi.
  • Asam salisilat: membantu menghilangkan sel-sel kulit berlebih.
  • Minyak pohon teh: memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Satu studi yang lebih tua menyarankan sampo mengandung 5 persen minyak pohon karena tampak aman dan dapat ditoleransi dengan baik untuk mengobati ketombe. Lakukan uji tempel terlebih dahulu, karena beberapa orang mengalami reaksi.

Baca juga: 5 Kesalahan Pemilihan Sampo yang Sebabkan Rambut Rontok

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.