Kompas.com - 28/09/2021, 17:57 WIB
Kepercayaan diri pada anak adalah hal yang perlu dirangsang dan diajarkan kepada anak. Dalam hal ini, peran orangtua menjadi sangat besar. Ada setidaknya lima hal yang bisa mengindikasikan tingginya tingkat kepercayaan diri pada anak. PEXELS/ Amina Filkins Kepercayaan diri pada anak adalah hal yang perlu dirangsang dan diajarkan kepada anak. Dalam hal ini, peran orangtua menjadi sangat besar. Ada setidaknya lima hal yang bisa mengindikasikan tingginya tingkat kepercayaan diri pada anak.

KOMPAS.com - Self-esteem atau harga diri merupakan salah satu kunci perkembangan anak yang diberikan oleh orangtua karena dapat memengaruhi masa depannya, terutama pada jenjang pendidikan yang ditempuh.

Namun, sebagian besar orangtua terlalu mengandalkan pendidikan formal atau informal ketika sibuk mengurus pekerjaan.

Tak heran, apabila anak yang kurang memeroleh perhatian bisa menyebabkan timbulnya perilaku buruk.

Baca juga: Belajar Musik Sejak Dini Membangun Disiplin dan Kepercayaan Diri Anak

"Peran orangtua menjadi penting bagi perkembangan potensi. Orangtua seharusnya mengajarkan anak sejak dini bagaimana cara menghargai diri sendiri supaya tidak minder dan mudah beradaptasi."

Demikian penuturan psikolog dari aplikasi konsultasi psikologi online Riliv, Ni Made Putri Ariyanti, MPsi, dalam sebuah rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

"Dengan begitu, anak akan belajar menerima segala sesuatu apa adanya," lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Putri juga menambahkan, orangtua tidak boleh mengabaikan self-esteem rendah yang dimiliki anak karena bisa berdampak pada beberapa hal.

Misalnya, sulitnya membangun pertemanan, sulit menjalin komunikasi, dan selalu mengandalkan orang lain.

"Sebenarnya, anak itu menyimpan kelebihan yang dia sendiri malas mencari tahu. Jadinya, dia merasa bahwa dirinya tidak bisa apa-apa," kata Putri.

Dengan demikian, orangtua wajib mengetahui apakah anak sudah dapat menghargai diri sendiri atau belum. Ini dapat terlihat dari kebiasaan sehari-hari si anak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.