Kompas.com - 29/09/2021, 08:27 WIB

KOMPAS.com - Selain marmer, lantai dan meja berbahan granit sering dipakai dalam rumah-rumah modern karena dapat memberikan tampilan yang mewah.

Lantai atau meja granit memiliki kualitas yang baik dan pola serta warna yang beragam. Maka jangan heran jika harga granit di pasaran relatif mahal.

Dalam hal perawatan, granit terbilang mudah dibersihkan. Tetapi kita harus mengetahui cara yang tepat agar tidak merusak kemilau granit.

Jika permukaan granit sering terkena noda cair, kita bisa menggunakan sealant atau zat perekat untuk mencegah masuknya cairan ke permukaan.

"Jika kita menyadari kontak singkat dengan air memudarkan warna batu granit, kita perlu menutup (reseal) permukaan granit," kata Mark Meriaux, manajer teknis di Natural Stone Institute, Ohio, AS.

Baca juga: Coba Lima Cara Ini, Lantai Marmer dan Granit Makin Mengilap

Menggunakan sealant untuk mencegah cairan masuk ke permukaan terbilang efektif, namun dapat membuat material granit menjadi aus.

Untuk memertahankan warna pada lantai dan meja granit, cobalah cara berikut.

1. Membersihkan granit

Jika permukaan granit terkena noda minyak, bersihkan dengan sabun pencuci piring yang mampu mengangkat minyak.

Untuk noda lain seperti noda kopi, teh, atau makanan, ambil semprotan pembersih yang memiliki kandungan hidrogen-peroksida.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.