Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Hilangkan Noda dari Permukaan Berbahan Granit

Kompas.com - 29/09/2021, 08:27 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain marmer, lantai dan meja berbahan granit sering dipakai dalam rumah-rumah modern karena dapat memberikan tampilan yang mewah.

Lantai atau meja granit memiliki kualitas yang baik dan pola serta warna yang beragam. Maka jangan heran jika harga granit di pasaran relatif mahal.

Dalam hal perawatan, granit terbilang mudah dibersihkan. Tetapi kita harus mengetahui cara yang tepat agar tidak merusak kemilau granit.

Jika permukaan granit sering terkena noda cair, kita bisa menggunakan sealant atau zat perekat untuk mencegah masuknya cairan ke permukaan.

"Jika kita menyadari kontak singkat dengan air memudarkan warna batu granit, kita perlu menutup (reseal) permukaan granit," kata Mark Meriaux, manajer teknis di Natural Stone Institute, Ohio, AS.

Baca juga: Coba Lima Cara Ini, Lantai Marmer dan Granit Makin Mengilap

Menggunakan sealant untuk mencegah cairan masuk ke permukaan terbilang efektif, namun dapat membuat material granit menjadi aus.

Untuk memertahankan warna pada lantai dan meja granit, cobalah cara berikut.

1. Membersihkan granit

Jika permukaan granit terkena noda minyak, bersihkan dengan sabun pencuci piring yang mampu mengangkat minyak.

Untuk noda lain seperti noda kopi, teh, atau makanan, ambil semprotan pembersih yang memiliki kandungan hidrogen-peroksida.

Cara ini bisa bekerja untuk membersihkan noda gelap. Namun senyawa hidrogen-peroksida merupakan bahan yang keras, jadi terapkan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Meja Dapur Granit

2. Gunakan campuran beberapa bahan

Buatlah pasta dari campuran soda kue dan air untuk menghilangkan noda minyak. Sementara untuk noda lain yang bukan minyak, kita dapat menggunakan campuran soda kue dan peroksida (zat berbentuk cairan bening dengan tekstur sedikit lebih kental dibandingkan air).

Campurkan kedua bahan hingga mengental, lalu oleskan pasta ke bagian permukaan granit yang ternoda dan tutupi dengan plastik yang sudah dilubangi.

Diamkan pasta pada permukaan granit selama 24 jam.

3. Membilas granit

Setelah didiamkan 24 jam, angkat plastik dan bersihkan sisa-sisa noda dengan alat pengikis kayu atau plastik. Terakhir, bilas permukaan granit dengan air suling dan poles batu granit menggunakan kain.

Baca juga: Plus Minus Keramik dan Granit, Mana yang Lebih Baik?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com