Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2021, 16:22 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber eatthis

KOMPAS.com - Ada banyak perawatan rambut di pasaran untuk mengatasi rambut rontok berlebihan. Namun, kita sering lupa pentingnya mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh bagi kesehatan rambut.

Dalam studi terbaru, para ahli kulit melakukan penelitian untuk melihat apakah benar vitamin D dapat mengatasi kerontokan rambut. Masalah rambut rontok saat ini dialami lebih dari 80 persen pria dan 50 persen wanita di sekitar usia 50.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang hubungan antara Vitamin D dan kerontokan rambut, ketahui penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 5 Kesalahan Pemilihan Sampo yang Sebabkan Rambut Rontok

Vitamin D berperan dalam siklus rambut

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di The Journal of Cosmetic Dermatology, dua dokter kulit di India menyatakan: "Vitamin D secara rumit terlibat dalam berbagai jalur sinyal pertumbuhan dan diferensiasi folikel rambut."

Menyadari bahwa vitamin D mempengaruhi siklus rambut, kedua dokter ini pun mulai melakukan penelitian terhadap Vitamin D sebagai "modalitas terapi potensial dalam kerontokan rambut."

Vitamin D dan "jaringan parut alopecia"

Walaupun analisis tidak menemukan bukti korelasi yang kuat antara kekurangan vitamin D dan kebotakan, tetapi penelitian sebelumnya menunjukkan hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dan "scarring alopecia", sejenis kebotakan yang mempengaruhi.

Jaringan parut alopecia terjadi ketika folikel rambut rusak secara permanen dan digantikan oleh perkembangan jaringan parut.

Baca juga: Perlu Tahu, Perbedaan Tanda Kebotakan pada Pria dan Wanita

Vitamin D dan kesehatan kulit

Penjelasan yang mungkin yang berkaitan dengan peran vitamin D dalam mencegah jenis kerontokan rambut adalah vitamin ini juga mendukung peremajaan kulit, yang kemungkinan menjadi salah satu faktor dari kesehatan kulit kepala.

"Vitamin D adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan menciptakan fungsi folikel rambut," kata dokter kecantikan Raechele Cochran Gathers.

Jika kita cukup vitamin D maka folikel rambut lebih banyak, yang berarti rambut terlihat tebal dan sehat.

Baca juga: 10 Manfaat Vitamin D, Tak Cuma Menguatkan Tulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber eatthis
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com