Kompas.com - 30/09/2021, 09:35 WIB
Seorang wisatawan asing asal Australia menggoreskan canting saat mengikuti kursus membatik di Museum Tekstil, Jakarta, Selasa (19/7/2011). KOMPAS/IWAN SETIYAWANSeorang wisatawan asing asal Australia menggoreskan canting saat mengikuti kursus membatik di Museum Tekstil, Jakarta, Selasa (19/7/2011).

KOMPAS.com - Batik sudah menjadi identitas Indonesia yang diakui oleh lembaga PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan, UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda sejak tahun 2009.

Dengan beragam goresan sejarah dari munculnya batik sebagai busana asal Indonesia, banyak cara untuk merayakan Hari Batik Nasional yang akan jatuh pada tanggal 2 Oktober mendatang.

Selain menggunakan busana serba batik, kita pun dapat mulai belajar membatik untuk mengekspresikan kecintaan terhadap batik dan Tanah Air.

Baca juga: Tertarik Belajar Membatik di Kampung Batik Laweyan? Berikut Kisaran Harganya...

Tidak perlu jauh-jauh, kita bisa belajar membatik di beberapa tempat di Jakarta.

1. Kampung Batik Palbatu, Jakarta

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya tidak usah memesan tiket untuk ke Solo atau Yogyakarta. Sebab, di Ibu Kota juga ada kampung batik yakni Kampung Batik Palbatu.

Kampung batik yang terletak di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan ini memiliki sanggar di mana kita bisa belajar membatik dari ahlinya.

Lalu, juga ada gerai batik yang menjual ragam motif batik, mulai dari motif topeng betawi, kembang api, hingga burung gelatik buah rambutan.

Karena kreativitas dari para seniman dan warga di sana, Kampung Batik Palbatu sudah menerima banyak penghargaan.

Dua penghargaan yang didapat berasal dari Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu rekor jalan terpanjang dengan motif batik (133,9 meter) serta rekor jumlah warga yang paling banyak dicat dengan motif batik.

2. Museum Nasional

Museum Nasional atau juga kerap disebut Museum Gajah adalah salah satu museum tertua dan salah satu yang terpenting di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.