Kompas.com - 30/09/2021, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Keterbatasan pilihan shade foundation merupakan masalah klasik yang dialami oleh wanita Indonesia.

Kebanyakan produk yang dijual di pasaran umumnya didominasi shade untuk skin tone yang cenderung terang seperti putih atau kuning langsat. Padahal, banyak wanita Indonesia memiliki skin tone yang lebih gelap dan eksotis seperti sawo matang.

Akibatnya, mereka kesulitan mendapatkan alas bedak terbaik yang dapat menunjang penampilannya.

Pilihan shade yang lebih bervariasi selama ini baru dihadirkan oleh brand kosmetik luar negeri. Tentunya, produk tersebut jauh lebih mahal, sulit didapatkan dan belum tentu cocok dengan jenis kulit wanita Indonesia.

Baca juga: Serum Foundation, Kombinasi Skin Care dan Make Up dalam Satu Produk

Menyadari permasalahan ini, Make Over menghadirkan terobosan besar dalam dunia kosmetik lokal dengan menyediakan 20 shade foundation untuk produk Powerstay Matte Powder Foundation dan Powerstay Weightless Liquid Foundation. 

Sebelumnya, kedua jenis alas bedak yang diformulasikan untuk kulit berminyak ini hanya menyediakan 12 shade saja. Penambahan variasi warna dilakukan agar konsumen bisa memiliki lebih banyak pilihan sesuai dengan tone kulit masing-masing.

Langkah ini menjadikan Make Over sebagai brand lokal pertama yang menyediakan varian shade hingga 20 warna.

Seluruh pilihan tersebut dipilih sesuai dengan keberagaman warna kulit di Indonesia, dari terang hingga gelap dan dengan berbagai undertone seperti cool, neutral dan warm.

Keseluruhan 20 shade foundation itu dipilih berdasarkan skin mapping, termasuk pada undertone, terhadap 1.000 wanita di Indonesia dari Sumatera hingga Papua.

Stephanie Lie, Group Head Make Over Cosmetics and Innovation mengatakan warna kulit wanita Indonesia sangat beragam dan jenisnya didominasi tipe berminyak. Hal inilah yang menjadi inspirasi agar setiap wanita dengan kulit berminyak bisa menggunakan foundation yang sesuai dengan skin tone.

Baca juga: Teknologi SkinMatch Bikin Kosmetik Menyatu dengan Warna Kulit

"Ini adalah hasil deep research kami dengan lebih dari 1000 responden wanita di Indonesia dengan beragam skintone dan undertone, serta bekerja sama dengan professional makeup artist dan beauty expert yang memiliki pengalaman menangani makeup dengan berbagai jenis skintone dan undertone," ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Powerstay Matte Powder Foundation dan Powerstay Weightless Liquid Foundation dirancang khusus untuk kulit berminyak dan diklaim dapat bertahan hingga 12 jam. Formula oil control membuat kedua produk ini memiliki coverage yang buildable, dari medium hingga high.

Alas bedak ini memberikan look matte dan smooth sekaligus mengandung SPF 30 PA+++ untuk proteksi dari paparan sinar matahari.

Baca juga: 3 Kesalahan Umum Saat Memilih Foundation

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.