Kompas.com - 30/09/2021, 13:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Batik tulis adalah salah satu jenis batik yang memiliki nilai tinggi.

Di pasaran, harga batik tulis bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Hal ini tergantung dari proses pengerjaan, kualitas, motif, kelangkaan, usia kain, hingga nilai historis di balik kain batik tulis tersebut.

Karena nilai kain batik tulis yang relatif tinggi, kita tentu ingin menjaga kain ini tetap awet setelah dipakai dan dicuci.

Bagaimana cara mencuci kain batik tulis agar tidak gampang luntur?

1. Tidak dicuci dengan mesin

Mesin cuci tidak direkomendasikan untuk mencuci kain batik tulis. Jika kain diputar di dalam mesin cuci, serat kain akan tertarik dan berkerut.

Lebih baik kita mencuci kain batik tulis dengan tangan. Usahakan agar tidak menggunakan sikat agar warna dan motif kain batik tulis tidak luntur atau memudar.

2. Menggunakan lerak atau deterjen ringan

Buah lerak adalah salah satu tumbuhan yang memiliki biji dengan manfaat sebagai deterjen tradisional. Buah ini dianggap sebagai material paling sesuai untuk menjaga kualitas warna batik.

Caranya, rendam buah lerak di dalam air hangat lalu remas sampai mengeluarkan busa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.