Kompas.com - 30/09/2021, 18:18 WIB

KOMPAS.com - Batik merupakan warisan budaya milik Indonesia yang begitu dibanggakan karena keindahan maupun filosofinya.

Kerajinan batik dibuat dengan melukis kain dengan cantik menggunakan lilin malam yag dicairkan. Motif yang digambar bisa berbeda-beda tergantung daerah dan inspirasi pembuatnya.

Sejarah batik di Indonesia bermula sejak zaman kerajaan ratusan tahun lalu dan banyak dipakai oleh para bangsawan serta anggota kerajaan. Namun kini batik semakin populer dan banyak dipakai termasuk oleh anak muda secara kasual.

Status batik sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia juga telah ditetapkan oleh Educational Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pada 2 Oktober 2009 lalu.

Pemerintah Indonesia kemudian menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional dan selalu diperingati dengan meriah.

Baca juga: Batik Print Sebenarnya Bukan Batik, Ini Alasannya

Sejarah batik yang jadi kebanggaan masyarakat Indonesia

Publik Indonesia sempat dihebohkan dengan pemberitaan di media China yang menyebut batik sebagai kerajinan tradisional negeri tirai bambu itu. Hal ini bahkan sempat membuat warganet Indonesia ramai-ramai menyerbu akun media yang memberitakan hal itu.

Dalam video yang beredar itu, memang ada etnis minoritas China yang menggambat motif hewan dan tumbuhan ke atas kain. Mereka menggambar dengan cara yang bisa dibilang mirip dengan metode canting namun bentuk alatnya sedikit berbeda.

Jadi, benarkah kerajinan batik sebenarnya berasal dari China?

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com pada (12/07/2020), sebagian ahli berpendapat jika batik yang banyak dikenal di Pulau Jawa berasal dari India dan adapula yang menyakini kerajinan ini datang dari China.

Di Asia, teknik serupa batik memang sudah diterapkan di Tiongkok semasa Dinasti Tang (618-907) serta di India dan Jepang semasa Periode Nara (645-794).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.