Kompas.com - 30/09/2021, 19:16 WIB
Varsity jacket dari Losinggrip Varsity jacket dari Losinggrip
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Belakangan, popularitas varsity jacket kembali menonjol di mana berbagai merek, termasuk brand lokal, berlomba-lomba memunculkan desain yang unik-unik pada jaket ini.

Padahal jaket varsity sudah lama muncul, dan diyakini bermula dari Universitas Harvard pada tahun 1865.

Tim bisbol Harvard pada saat itu adalah kelompok siswa pertama yang diketahui menjahit tambalan huruf "H" yang besar ke seragam mereka.

Tapi seragam ini tidak seperti jaket varsity yang kita kenal sekarang, atau bisa dibilang belum berevolusi menjadi gaya yang sekarang.

Seragam Harvard pada dasarnya adalah pullover flanel abu-abu rajutan tebal dan, dengan huruf "H" raksasa dijahit tepat di bagian tengah, sehingga juga dikenal sebagai sweater "letterman".

Sweater dengan huruf itu kemudian ditiru oleh klbu-klub lain dengan berbagai variasi. Ada yang memindahkan huruf ke samping, ada yang menambahi logo, ada pula yang bereksperimen dengan bahan berbeda.

Nah, bentuk yang paling populer barangkali adalah jenis jaket dengan lengan berbahan kulit dan tulisan atau logo di bagian punggung dan dada kiri.

Namun meski telah banyak mengalami perubahan selama bertahun-tahun, satu hal yang tidak berubah adalah makna varsity jaket yang melambangkan pencapaian, persaudaraan, atau persatuan.

Hal inilah yang diadopsi Losinggrip, brand lokal asal Cianjur lewat varsity jacket terbarunya dengan model "big logo".

Yup, jaket yang belum diberi nama ini memiliki "DNA" varsity kuat, mulai dari memunculkan logo-logo besar di beberapa sisi, serta perpaduan warna krem pada lengan, dan hitam di badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.