Kompas.com - 30/09/2021, 20:00 WIB
Biji kopi siap digiling Pixabay/SvenhilkerBiji kopi siap digiling

KOMPAS.com - Menyimpan biji kopi harus dilakukan dengan cara yang benar agar bertahan lama dan kualitasnya terjaga.

Sayangnya, banyak orang kurang memahami hal ini dan teledor menyimpan biji kopi miliknya. Akibatnya, rasa maupun aroma kopi berkurang ketika dihaluskan dan diseduh.

Salah satu cara yang kerap dilakukan adalah menyimpan biji kopi di dalam kulkas. Proses pendinginan ini dinilai dapat mempertahankan kesegeran maupun rasa biji kopi tersebut.

Namun ada juga yang berpendapat jika biji kopi tidak seharusnya diletakkan di dalam kulkas.

Jadi, bagaimana kebenarannya?

Tips menyimpan biji kopi di dalam kulkas

Biji kopi segar mulai kehilangan kesegarannya ketika dipanggang atau disangrai. Kopi yang sudah diolah ini biasanya banyak dijual di pasaran.

Dikutip dari situs Coffee Friend, biji kopi sebenarnya boleh saja disimpan di kulkas dengan beberapa catatan. Pertama, kopi harus ditempatkan dalam wadah kedap udara untuk menghindari freezer burn.

Freezer burn merupakan kondisi ketika suatu bahan pangan kehilangan kelembabannya karena kemasukan oksigen. Kelemababan memang menjadi musuh utama kopi, selain panas dan paparan sinar matahari berlebihan.

Wadah bebas udara ini dapat menghindarkan kopi dari kelembaban ini sehingga meminimalisasi perubahan kondisi.

Ketika biji kopi dimasukkan ke dalam kulkas maka terjadi kondensasi yang menumpuk. Akibatnya kopi yang kita miliki kehilangan intensitas rasanya dan kelezatannya berkurang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.