Kompas.com - 01/10/2021, 12:10 WIB
Ilustrasi anjing bermain shutterstockIlustrasi anjing bermain
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak hanya orang dewasa, banyak anak yang ternyata juga suka memelihara hewan seperti anjing, kucing, kelinci, dan sebagainya.

Apalagi, hewan peliharaan menawarkan jenis persahabatan khusus yang tampaknya menyenangkan bagi anak-anak.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan dapat bermanfaat bagi anak-anak dalam beberapa cara.

Hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dan bahkan dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional.

Meskipun penelitian tentang interaksi manusia-hewan masih relatif baru, penelitian awal menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat mengurangi kadar kortisol, mengurangi rasa kesepian, meningkatkan mood, dan memunculkan rasa didukung.

Jika kita mempertimbangkan untuk memberikan anak-anak hewan peliharaan, ketahui sejumlah dampak positifnya yang dibagikan oleh para ahli, seperti berikut ini.

1. Mengurangi stres

Hidup bisa menjadi stres terutama untuk anak-anak dan remaja. Dengan kesulitan di sekolah, pergaulan, dan tekanan agar selalu berprestasi, anak-anak sering menghadapi banyak hal.

Tetapi, hewan peliharaan dapat berfungsi sebagai pengurang rasa stres yang hebat.

Selain cinta dan persahabatan yang diberikan secara alami, ada perubahan fisiologis yang terjadi dalam diri seorang anak ketika mereka membelai atau bermain dengan hewan peliharaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.