Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2021, 14:31 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Cara termudah untuk memilih warna cat tembok rumah adalah memilih warna yang kita sukai.

Warna cat tembok kesukaan kita bisa menjadi warna dasar untuk dekorasi. Kemudian, kita bisa memilih warna-warna senada untuk memberi aksen pada keseluruhan interior rumah kita.

Memilih warna cat tembok rumah

Berikut beberapa tips memilih warna cat tembok yang bisa kita praktikkan di rumah:

1. Cari inspirasi warna cat tembok

Carilah inspirasi warna cat tembok lewat berbagai sumber, seperti majalah atau katalog yang menampilkan foto-foto desain interior rumah.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Carilah inspirasi warna cat tembok lewat berbagai sumber, seperti majalah atau katalog yang menampilkan foto-foto desain interior rumah.
Laman The Spruce menganjurkan kita untuk mencari inspirasi warna cat tembok lewat berbagai sumber, seperti majalah atau katalog yang menampilkan foto-foto desain interior rumah.

Kita juga bisa mencarinya di internet, seperti melalui situs retail atau media sosial seperti Pinterest dan Instagram.

Jika masih belum puas mencarinya di majalah atau internet, kita juga bisa berkeliling di sekitar rumah untuk mencari inspirasi.

Mengumpulkan inspirasi warna cat tembok bisa memberikan kita informasi tentang warna yang sedang tren sekaligus mempertimbangkan pilihan warna yang cocok dengan karakteristik rumah kita.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis, Tetap Cantik meski Sempit

2. Memanfatkan skema warna

 

Skema warna cat tembok bisa membantu kita memilih warna yang pas untuk rumah kita.FREEPIK/SENIVPETRO Skema warna cat tembok bisa membantu kita memilih warna yang pas untuk rumah kita.
Kita tak perlu mempelajari teori warna hanya untuk memilih warna cat tembok yang tepat. Kita bisa memanfaatkan skema warna untuk mendapatkan inspirasi.

Alat ini tidak mahal tapi sudah cukup membantu kita. Dengan melihat skema warna, kita bisa mengetahui warna-warna mana saja yang cocok dipadukan satu sama lain sekaligus mempelajari dasar teori warna.

Meski warna cat tembok yang dipilih tidak sama persis dengan warna pada skema warna tersebut, kita bisa memilih shade warna yang mirip.

Baca juga: 7 Warna Cat Kamar Tidur Romantis

3. Bermain dengan warna netral

Warna cat tembok netral tak selalu harus membosankan. Kita bisa mengkreasikan palet warnanya dan menyesuaikannya sesuai gaya kita.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Warna cat tembok netral tak selalu harus membosankan. Kita bisa mengkreasikan palet warnanya dan menyesuaikannya sesuai gaya kita.
Warna cat tembok netral tak selalu harus membosankan. Kita bisa mengkreasikan palet warnanya dan menyesuaikannya sesuai gaya kita.

Warna cat tembok netral yang dipadukan dengan warna pastel untuk langit-langit adalah cara cerdik untuk menambahkan sentuhan warna tanpa kehilangan efek menenangkan dari ruangan tersebut.

Baca juga: 5 Cara Hadirkan Warna Pastel ke Dalam Rumah

4. Menyesuaikan dengan aksesori di rumah

Salah satu cara paling sederhana memilih cat tembok rumah adalah mulai dengan perabotan dan aksesori di rumah.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Salah satu cara paling sederhana memilih cat tembok rumah adalah mulai dengan perabotan dan aksesori di rumah.
Salah satu cara paling sederhana memilih cat tembok rumah adalah mulai dengan perabotan dan aksesori di rumah.

Cobalah liat detail motif pada aksesori di rumah kita, seperti bantal, karpet, atau taplak meja. Dari situ kita mungkin mendapatkan inspirasi tentang warna cat tembok yang cocok untuk kita pilih.

Jika ingin memilih warna cat tembok yang lebih halus atau untuk ruangan yang lebih besar, lihatlah detail pada motif-motif yang ada pada aksesori tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com