Kompas.com - 01/10/2021, 20:54 WIB

KOMPAS.com - Ada beragam cara cepat tidur yang bisa kita temukan di internet atau sumber literatur lainnya. Namun, praktik selalu tak semudah teorinya.

Pedoman National Sleep Foundation menganjurkan orang dewasa sehat membutuhkan tidur antara 7-9 jam tidur per malam, sedangkan orang di atas 65 tahun direkomendasikan tidur 7-8 jam per malam.

Kurang tidur bisa memberikan sejumlah dampak buruk terhadap kesehatan, termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Salah satu cara cepat tidur yang dapat dipraktikkan adalah metode tidur tentara (military method). Cara cepat tidur ini diklaim membuat kita lebih mungkin tertidur dalam waktu dua menit saja.

Baca juga: Jangan Sepelekan, 15 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Cara cepat tidur tentara

Cara cepat tidur tentara pertama kali dilaporkan oleh Sharon Ackerman dalam sebuah buku berjudul Relax and Win: Championship Performance.PEXELS/COTTONBRO Cara cepat tidur tentara pertama kali dilaporkan oleh Sharon Ackerman dalam sebuah buku berjudul Relax and Win: Championship Performance.
Melansir Healthline, cara cepat tidur tentara pertama kali dilaporkan oleh Sharon Ackerman dalam sebuah buku berjudul Relax and Win: Championship Performance.

Menurut Ackerman, Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat membuat rutinitas tidur untuk membantu para pilot tertidur dalam dua menit atau kurang.

Para pilot perlu waktu sekitar enam minggu untuk melatihnya, namun untuk mereka cara cepat tidur itu berhasil. Bahkan, mereka tetap dapat melakukannya setelah minum kopi atau tidur di tengah kebisingan suara tembakan.

Teknik ini dikatakan berhasil bagi 96 persen orang yang mencobanya setelah melatihnya dalam enam minggu.

Baca juga: 10 Cara Cepat Tidur yang Sederhana dan Ampuh

Cara mempraktikkan tidur tentara

Cara cepat tidur tentara dikatakan berhasil bagi 96 persen orang yang mencobanya setelah melatihnya dalam enam minggu.SHUTTERSTOCK Cara cepat tidur tentara dikatakan berhasil bagi 96 persen orang yang mencobanya setelah melatihnya dalam enam minggu.
Untuk mempraktikkan cara cepat tidur tentara, cobalah melakukan langkah-langkah berikut:

  • Melakukan relaksasi seluruh wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut.
  • Turunkan bahu untuk melepas ketegangan dan biarkan tangan berada di samping tubuh dengan rileks.
  • Buang napas, biarkan dada rileks.
  • Biarkan kaki, paha, dan betis rileks.
  • Jernihkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan suasana-suasana yang membuat kita rileks.

Jika cara ini tak berhasil, cobalah memikirkan kata-kata "jangan berpikir" terus menerus selama 10 detik. Idealnya, kita akan tertidur dalam 10 detik tersebut.

Baca juga: Cara Cepat Tidur dalam Waktu Kurang dari 1 Menit

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.