Kompas.com - 01/10/2021, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Dunia Olivia Durant pernah begitu buram. Tetapi, pada usia 36 tahun, wanita ini menjalani serangkaian operasi yang mengubah hidupnya hingga dapat melihat dengan jelas untuk pertama kalinya.

Kepada BuzzFeed, Durant mengaku harus tumbuh dengan kebutaan karena ketidakteraturan dalam bentuk matanya.

Dia juga berjuang untuk berjalan karena kondisi yang disebut kelemahan ligamen dan dia sempat mengalami perundungan (bullying) karena perbedaannya itu.

Ketika dia akhirnya bisa melihat dirinya di cermin, Durant harus menyesuaikan persepsi tentang dirinya sendiri, dan membiasakan diri dengan hal-hal seperti bahasa tubuh.

Baca juga: Remaja Berusia 17 Tahun Buta akibat Terlalu Sering Makan Junk Food

"Saya terkejut sendiri. Saya kesulitan mengenali bayangan saya sendiri di cermin," kata dia kepada Buzzfeed, seperti yang dilansir dari laman Insider.

"Saya juga menghadapi kenyataan bahwa saya terlihat berbeda dari apa yang dikatakan oleh orang-orang yang pernah melakukan perundungan terhadap saya," lanjut dia.

Sayangnya, ketika Durant merasa siap untuk menjelajahi Los Angeles dengan pengelihatan yang telah pulih sepenuhnya, pandemi Covid-19 melanda sebagian besar negara di dunia.

"Di saat saya siap menyesuaikan diri dengan kehidupan baru saya di awal tahun 2020 dan menjelajahi kota baru, pandemi ini harus terjadi," kata dia.

Karena keterbatasannya untuk bepergian di sepanjang tahun 2020, Durant pun memutuskan membuat akun TikTok untuk berbagi pengalaman.

Melakukan operasi laser

Pada tahun 2016, Durant memulai proses mendapatkan pengelihatannya di usia 36 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.