Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ribet, Ini 7 Trik Menata Dapur Kecil tapi Rapi dan Nyaman

Kompas.com - 02/10/2021, 14:42 WIB
Nabilla Tashandra

Editor


KOMPAS.com - Memiliki dapur kecil tapi rapi bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Dengan cara menata ruangan yang tepat, kita bisa membuat ruangan dapur yang kecil tampak lebih lega dan nyaman.

Dengan memiliki dapur kecil tapi rapi, kita mungkin akan lebih banyak menghabiskan waktu di sana bersama keluarga sehingga suasana rumah bisa semakin hangat.

Menciptakan dapur kecil tapi rapi

Berikut sejumlah tips untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi yang nyaman, sehingga ruang dapur kita bisa terlihat lebih lega:

1. Menata lemari dengan rapi

Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, buatlah isi lemari lebih terorganisasi dan rapi.VIA HOUSE BEAUTIFUL Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, buatlah isi lemari lebih terorganisasi dan rapi.
Ruangan sempit sangat mudah berantakan, begitu juga dengan dapur kecil kita.

Untuk mencegahnya, pastikan kita menata perabotannya dengan rapi dan terorganisasi. Mulailah dari lemari.

Pastikan bahan makanan dan minuman yang disimpan di dalam lemari tersusun rapi. Melansir House Beautiful, Sarah Robertson dari Studio Dearborn menyarankan untuk menyusun camilan di rak lemari paling bawah, kemudian bahan makanan untuk sarapan di rak atasnya, kemudian di rak atasnya lagi kosong untuk menyimpan barang-barang acak.

Baca juga: Lemari Dapur Juga Perlu Diaudit Agar Selalu Rapi

2. Gantung gelas atau perabotan lainnya

Salah satu cara menciptakan dapur kecil tapi rapi adalah menggantung mug atau gelas-gelas besar agar tak menghabiskan ruang.UNSPLASH/CHRIS SCOTT Salah satu cara menciptakan dapur kecil tapi rapi adalah menggantung mug atau gelas-gelas besar agar tak menghabiskan ruang.
Koleksi gelas-gelas besar atau perabotan lain, seperti wajan dan panci, sering kali menghabiskan ruang di lemari. Jadi, untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, mengapa tidak mencoba menggantungnya saja?

Menurut laman Tasty, kita bisa menyiapkan gantungan kayu rustic, misalnya, untuk menggantung gelas-gelas tersebut. Tak hanya membuat lemari penyimpanan lebih lega, gantungan kayu tersebut juga bisa menambah kesan statement pada ruang dapur kita.

Gantungan tersebut bisa ditempatkan pada sudut-sudut strategis, misalnya rak, sehingga memberikan kita lebih banyak ruang untuk menyimpan barang.

Baca juga: 9 Jenis Gelas untuk Menyajikan Kopi, Pelajari Nama dan Bentuknya

3. Simpan bumbu dalam wadah

Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting untuk mempertimbangkan menyimpan bumbu-bumbu masakan tersebut di dalam wadah-wadah yang tersusun rapi.UNSPLASH/HEATHER MCKEAN Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting untuk mempertimbangkan menyimpan bumbu-bumbu masakan tersebut di dalam wadah-wadah yang tersusun rapi.
Tak sedikit orang yang menyimpan bumbu-bumbu masakan secara sembarangan. Misalnya, sebagian bumbu ditaruh dalam wadah, sementara sebagian lainnya dibiarkan dalam plastik kemasannya sehingga membuat ruangan tampak berantakan.

Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting untuk mempertimbangkan menyimpan bumbu-bumbu masakan tersebut di dalam wadah-wadah yang tersusun rapi.

Beri nama setiap wadah sehingga lebih mudah untuk dicari.

Cara ini juga membuat kita lebih mudah menyadari jika ada bumbu masakan yang sudah habis.

Memilih wadah bumbu yang cantik juga bisa membuat dapur mungil kita tampak lebih indah, kan!

Baca juga: 4 Tips Menyusun Bumbu Dapur agar Waktu Memasak Lebih Efisien

4. Manfaatkan ruang

Dapur kecil memang hanya memiliki ruang yang sangat terbatas. Namun, kita bisa memanfaatkan ruang yang ada, misalnya dengan membuat lemari penyimpanan yang memanjang ke atas.UNSPLASH/BEAZY Dapur kecil memang hanya memiliki ruang yang sangat terbatas. Namun, kita bisa memanfaatkan ruang yang ada, misalnya dengan membuat lemari penyimpanan yang memanjang ke atas.
Dapur kecil memang hanya memiliki ruang yang sangat terbatas. Namun, kita bisa memanfaatkan ruang yang ada, misalnya dengan membuat lemari penyimpanan yang memanjang ke atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com