Kompas.com - 02/10/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai manusia, kita pasti tidak pernah melalui hari-hari tanpa menghadapi kekecewaan atau rasa frustrasi.

Misalnya, kita gagal mendapatkan nilai baik ketika ujian sekolah meskipun kita sudah berusaha keras untuk belajar.

Atau, saat hendak pergi ke kantor, kendaraan kita tiba-tiba mogok di jalan, sehingga kita terlambat dan ditegur oleh atasan.

Semua itu akan selalu kita alami di dalam hidup dan akan semakin parah jika kita memiliki reaksi yang negatif pada tantangan hidup tersebut.

Lima rintangan

Dalam filsafat Budha, ada lima reaksi tidak terampil terhadap tantangan hidup.

Baca juga: 7 Tips Menangani Kemarahan Anak dengan Baik

Lima reaksi itu disebut sebagai "rintangan" karena menghalangi kemampuan kita untuk melihat dengan jelas bagaimana bertindak agar tak memperburuk keadaan bagi diri sendiri atau orang lain.

Kapan pun kita merasa stres dan gelisah, kita biasanya mudah terjebak dalam satu atau lebih dari rintangan ini.

Kelima rintangan itu juga sering menjadi kebiasaan yang cenderung membuat hidup kita menjadi lebih sulit, apalagi saat kita menunjukkan reaksi yang kurang tepat.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut lima kebiasaan yang bisa membuat hidup kita menjadi lebih sulit untuk dijalani.

1. Mengandalkan kenikmatan indria

Kebiasaan ini mengacu pada kenikmatan indria yang membuat kita bahagia dengan membiarkan kita melupakan kesulitan yang sedang terjadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.