Kompas.com - 03/10/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi tanaman kunyit, menanam kunyit. SHUTTERSTOCK/CONTEMPLARIlustrasi tanaman kunyit, menanam kunyit.

KOMPAS.com - Jantung berperan vital bagi kelangsungan hidup manusia dengan fungsi utama jantung menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh.

Pemompaan darah tersebut bertujuan agar seluruh sistem dan organ tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik. Oleh karenanya, menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk dilakukan.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan agar jantung tetap sehat atau terhindar dari penyakit kardiovaskular, salah satunya dengan mengonsumsi tanaman herbal.

Baca juga: Cegah Penyakit Kardiovaskular Melalui Pengelolaan Diabetes dan Dislipidemia

Untuk diketahui, penyakit kardiovaskular merupakan gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Gangguan fungsi ini menjadi penyebab utama seseorang terserang penyakit jantung dan stroke.

Melansir Femina.in, Rabu (30/9/2021), tanaman herbal sudah sejak dulu digunakan orang-orang India sebagai campuran bahan makanan sekaligus obat tradisional untuk menjaga kesehatan jantung.

Penasaran apa saja tanaman herbal yang baik untuk kesehatan jantung?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut lima tanaman herbal yang diklaim dapat membuat jantung Anda tetap sehat, seperti yang dilansir dari Femina.in.

Baca juga: Dosen Unair Ajak Masyarakat Cegah Covid-19 dengan Tanaman Herbal

1. Arjuna


Arjuna merupakan tumbuhan dalam genus Terminalia atau keluarga Combretacea. Tanaman ini diklaim efektif untuk mengobati penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan jantung.

Melansir Healthline.com, sebuah penelitian terhadap 100 orang dengan penyakit jantung menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 gram (gr) bubuk kulit kayu arjuna setiap hari selama satu bulan mampu mengurangi tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau lemak jahat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.