Kompas.com - 03/10/2021, 11:10 WIB
Ilustrasi peregangan. PEXELS/JONATHAN BORBAIlustrasi peregangan.

KOMPAS.com – Melakukan gerakan peregangan setiap hari memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan rentang gerak, “menghangatkan” tubuh sebelum melakukan latihan yang lebih intens, mencegah cedera, menghilangkan rasa sakit, hingga menenangkan pikiran dan tubuh.

Peregangan juga dapat menjadi cara membuat tubuh tetap lentur walau kita lebih banyak duduk di depan komputer. 

Tidak perlu waktu lama untuk melakukan peregangan.  Berikut gerakan peregangan sederhana yang dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit saja. Cocok untuk kamu yang sering tak punya waktu untuk berolahraga.

Baca juga: Jangan Mager, Yuk Lakukan Peregangan Sambil Nonton Film

Windshield wipers

Mulailah dengan berbaring dengan kedua lutut ditekuk dan biarkan kedua telapak kaki tetap di lantai. Lalu, jatuhkan kedua lutut ke samping sambil tetap menjaga torso tetap stabil dan bahu rata di lantai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, bawa lutut melalui bagian tengah tubuh ke sisi yang lain.

Ulangi selama 10 hingga 20 repetisi di setiap sisi. Tahan di satu sisi selama 30 detik, lalu tahan di sisi lain selama 30 detik.

Baca juga: Sering Pegal karena Terlalu Lama Duduk? Lakukan Teknik Peregangan Ini

Book opener

Pertama, berbaringlah ke arah kiri di lantai dan pastikan lutut serta pinggul bertumpuk dan ditekuk 90 derajat dan rentangkan tangan lurus ke depan. Jangan lupa, jaga agar lutut dan pinggul tetap bertumpuk.

Buka lengan atas (kanan), bawa ke sisi lain tubuh dan sedekat mungkin dengan lantai tanpa mengangkat bahu kiri atau membuat pinggul berputar. Ingat, lutut dan pinggul harus tetap bertumpuk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.