Kompas.com - 03/10/2021, 12:11 WIB
Ilustrasi perawatan rambut SHUTTERSTOCKIlustrasi perawatan rambut

KOMPAS.com - Tips haircare rumahan dengan cara mencampur kopi dengan sampo kini sedang jadi pembahasan warganet di media sosial.

Banyak yang mengklaim mendapatkan manfaat baik untuk kesehatan rambutnya dengan campuran sederhana ini. Efeknya bahkan disebut jauh lebih baik dibandingkan perawatan yang lebih rumit atau pergi ke salon.

Cara penggunaannya juga amat sederhana, tinggal mencampur sebungkus kopi instan dengan sampo yang biasa dipakai. Bagi sebagian orang, metode ini murah, mudah sekaligus efektif.

Namun, ada pula yang khawatir dengan dampak buruknya pada kondisi rambutnya. Kopi instan yang memiliki sejumlah campuran kandungan, termasuk gula atau krimer, dianggap belum tentu baik untuk rambut.

Di sisi lain, banyak yang merasa rugi jika harus menggunakan bubuk kopi murni untuk mengikuti tren ini.

Baca juga: Tren TikTok Campur Kopi dan Sampo, Apa Manfaatnya untuk Rambut?

Sebenarnya, haircare alami menggunakan kopi untuk keindahan rambut tidak harus menggunakan kopi instan atau kopi murni. Kita juga bisa menggunaan sisa ampas kopi yang didapatkan dari sisa seduhan minuman sarat kafein itu.

Berdasarkan sejumlah penelitian, ampas kopi saja sudah memiliki sejumlah manfaat untuk rambut.

Jadi, jangan buang ampas kopi yang kita nikmati setiap pagi. Sisihkan ampasnya dan gunakan ketika saatnya mencuci rambut.

Ampas kopi dan sampo bermanfaat untuk rambut

Campuran kopi dan sampo yang kini sedang jadi pembahasan memang memberikan efek baik bagi rambut karena berbagai alasan. Bahkan, ampas kopi juga bisa dipakai untuk campuran cairan pembersih rambut yang kita pakai.

Ampas kopi umumnya ditemukan jika kita mengkonsumsi kopi tradisional. Namun kini banyak pula kopi instan yang hadir dengan tambahan ampas.

Baca juga: 10 Hal yang Bikin Rambut Cepat Panjang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.