Kompas.com - 03/10/2021, 13:29 WIB
Mencuci rambut dengan air dingin di akhir sesi keramas juga bisa menjadi salah satu cara agar rambut cepat panjang. SHUTTERSTOCKMencuci rambut dengan air dingin di akhir sesi keramas juga bisa menjadi salah satu cara agar rambut cepat panjang.

KOMPAS.com - Tren mencampur kopi dengan sampo yang merebak di media sosial memunculkan sejumlah pertanyaan dari warganet.

Banyak kebingungan jenis kopi yang harus dipakai dalam haircare alami yang diklaim kaya manfaat ini. Salah satunya apakah kopi yang dipakai harus diseduh dulu atau digunakan dalam bentuk bubuk begitu saja.

Panduan yang beredar di TikTok menyebutkan dengan jelas bahwa bubuk kopi sebaiknya dicampurkan langsung dengan sampo sebelum mulai keramas. Namun banyak yang khawatir jika bubuk kopi tersebut akan tertinggal di kulit kepala dan malah membuatnya kotor.

Sejumlah warganet lainnya juga mengaku cara itu membuat durasi keramasnya jadi jauh lebih lama karena harus membersihkan sisa-sisa bubuk kopinya.

Baca juga: Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Rambut

Manfaat Kopi untuk rambut, apakah harus diseduh dulu?

Gambaran menggunakan bubuk kopi yang dicampurkan ke sampo mungkin sedikit merepotkan bagi banyak orang. Tentunya, rambut dan tubuh ketika akan dipenuhi oleh bercak hitam akibat kopi tersebut.

Namun banyak orang bersedia mengalaminya demi mendapatkan rambut yang diklaim lebih sehat, bebas rontok dan kuat.

Dalam banyak penelitian, bubuk kopi organik memang memiliki manfaat terbaik untuk rambut. Umumnya dicampurkan dengan berbagai bahan alami lainnya sebagai masker rambut.

Misalnya saja mencampurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa atau lemon untuk membuat rambut lebih berkilau.

Campuran kopi instan dan sampo mungkin tidak ideal namun juga memberikan efek yang sama baiknya. Kita dianjurkan untuk menggunakan kopi instan yang rendah kandungan gula agar hasilnya lebih optimal.

Baca juga: Ini Kaitan Vitamin D dan Kerontokan Rambut

Selain itu kita juga bisa memakai ampas kopi bubuk sisa minum kopi. Cara ini membuat kesukaan kita pada minuman ini terpenuhi dan rambut yang sehat juga terwujud.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.