Kompas.com - 03/10/2021, 19:21 WIB

KOMPAS.comAntioksidan merupakan salah satu zat yang penting dalam perawatan kulit. Fungsinya antara lain sebagai antipenuaan dengan cara mengurangi reaksi oksidasi pada kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Kepala penelitian perusahaan maklon kosmetik Nose Herbalindo, Andhina Rizkya Satriani mengatakan, paparan sinar matahari dapat menyebabkan terbentuknya radikal bebas yang menyerang sel kulit, yang membuat kulit rusak dan cepat menua.

“Tandanya kulit meradang atau inflamasi, kemerahan, tekstur kulit tidak merata, bintik hitam, dan keriput,” kata Andhina.

Ia mengatakan, Nose Herbalindo sedang melakukan penelitian mengenai aktivitas antioksidan dan stabilitas ekstrak kayu manis. Riset ini dilakukan bekerja sama dengan peneliti dari Universitas Indonesia, Dyah Utami Cahyaning Rahayu, M.Si.

“Penelitian yang dilakukan Nose ini dapat membantu kami untuk mengetahui stabilitas ekstrak kayu manis. Jika diperlukan akan ditambahkan suatu stabilizer untuk meningkatkan stabilitasnya,” ujar Andhina.

Baca juga: Manfaat Antioksidan untuk Mencerahkan Kulit

Saat ini konsumen sudah lebih cerdas dan kritis, sehingga perusahaan manufaktur kosmetik harus bisa menyediakan produk kosmetik berdasarkan riset sains.
Dok Nose Herbalindo Saat ini konsumen sudah lebih cerdas dan kritis, sehingga perusahaan manufaktur kosmetik harus bisa menyediakan produk kosmetik berdasarkan riset sains.

Sebelumnya, Nose Herbalindo juga telah melakukan kerja sama penelitian dengan Prof. Yoki Yulizardari Universitas Indonesia pada 2020.

Penelitian tersebut menguji kestabilan bunga mawar dan tanaman centella asiatica untuk kosmetik dan telah selesai dilakukan.

“Rencananya hasil penelitian kestabilan mawar dan centella asiatica ini akan diterapkan akhir 2021 atau awal 2022,” kata Netty Kristina, Head of R&D PT Nose Herbalindo.

Netty mengatakan, Nose Herbalindo akan terus melakukan penelitian, termasuk untuk eksplorasi bahan baku kosmetik mau pun metode formulasi terbaru.

“Kebutuhan produk kosmetik dengan riset mendalam di Indonesia semakin tinggi sehingga setidaknya Nose akan melakukan dua penelitian setiap tahunnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini konsumen sudah lebih cerdas dan kritis, sehingga perusahaan manufaktur kosmetik harus bisa menyediakan produk kosmetik berdasarkan riset sains.

Baca juga: Tren Penggunaan Bahan Alami Utuh dalam Produk Kecantikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.