Kompas.com - 04/10/2021, 10:27 WIB
Ilustrasi kanker payudara ShutterstockIlustrasi kanker payudara

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, Oktober merupakan bulan kepedulian kanker payudara di seluruh dunia.

Berbagai pihak biasanya memperingatinya dengan berupaya menyebarkan edukasi soal penyakit mematikan ini. Belakangan, kampanye ini gencar dilakukan lewat media sosial untuk memperluas jangkauan informasinya.

Dunia internasional menggunakan simbol berupa pita berwarna pink untuk melambangkan kepedulian terhadap kanker payudara. Hal ini awalnya dicetuskan oleh Yayasan Kanker Payudara milik Susan G. Komen di Amerika Serikat pada tahun 1991..

Warna pink yang melambangkan sifat feminin atau kewanitaan digunakan sebagai lambang dukungan moral dan solidaritas terhadap para penderita kanker payudara.

Dikutip dari Kompas.com, (24/02/2021), kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker dengan jumlah kasus tertinggi Indonesia.

Menurut data dari GLOBOCAN 2020, di Indonesia terdapat 65.858 kasus baru kanker payudara, dengan jumlah kematian akibat kanker payudara sebanyak 22.430 kasus.

Baca juga: Bulan Peduli Kanker Payudara, Victorias Secret Rilis Bra Mastektomi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebanyakan pasien datang dalam kondisi yang sudah parah sehingga penanganan terlambat dilakukan. Padahal, peluang kesembuhan jauh lebih tinggi jika diagnosa dilakukan lebih awal.

Pasien yang terdiagnosa memiliki kanker pada stadium awal, satu dan dua, memiliki persentase kemungkinan sembuh sebanyak 81 persen. Sedangkan pasien yang terdiagnosa sudah dalam stadium akhir, tiga dan empat, memiliki kemungkinan sembuh hanya 26 persen.

Artinya, kemungkinan sembuh bisa tiga kali lebih besar ketika kanker terdiagnosa sejak awal.

Kenali gejala kanker payudara sejak dini

Kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker pada area tersebut. Penderitanya kebanyakan memang perempuan meskipun tidak menutup kemungkinan juga menyerang laki-laki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.